Mohon tunggu...
Kholida Qothrunnada
Kholida Qothrunnada Mohon Tunggu... Jurnalist Muda

Mencoba Melatih Kemampuan Diri dengan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Prodi Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University Hadirkan Webinar "Kampus Desa" tentang Desain Produk untuk Kembangkan Nilai Promosi Usaha Masyarakat

29 Desember 2020   20:10 Diperbarui: 29 Desember 2020   20:26 107 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prodi Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University Hadirkan Webinar "Kampus Desa" tentang Desain Produk untuk Kembangkan Nilai Promosi Usaha Masyarakat
whatsapp-image-2020-11-29-at-11-49-26-am-5feb2ce5d541df273f289242.jpeg

Minggu, 29 November 2020 - Pengemasan suatu produk merupakan hal yang penting dalam promosi produk tertentu. Tidak dipungkiri tampilan visual yang baik akan mempengaruhi masyarakat untuk membeli sebuah produk. Hal itulah yang menjadi latar belakang Mahasiswa Komunikasi SV IPB untuk mengadakan kegiatan Webinar Kampus Desa.

Dalam sambutanya Mulyono, S.Pt.,M.I.T. selaku dosen Mata Kuliah Distribusi Informasi menjelaskan “Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pengabdian masyarakat tahun ini dilakukan secara daring. Adanya Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai sekarang, tidak menghalangi Mahasiswa melakukan Kegiatan Kampus Desa yang juga merupakan bagian dari tugas Praktikum Mata Kuliah Distribusi Informasi. Diharapkan dengan adanya pelatihan dalam bentuk webinar ini, Dapat membantu pengelola usaha mikro maupun usaha menengah dalam meningkatkan penjualanya,” ujarnya.

 Webinar Kampus Desa mengangkat judul “Inovasi Desain Produk masa kini dikala Pandemi” yang dilaksanakan pada (29/11/2020) mengambil fokus lokasi di Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Pada webinar ini terdapat dua narasumber  yang dihadirkan yaitu Dr. Ir. Burhanuddin, M.M, Dosen Fakultas Ekonomi Manajemen IPB University dan Abdan Syakuro selaku Product Designer yang juga merupakan Mahasiswa IPB tingkat Akhir jurusan Ilmu Komputer. Webinar ini diikuti oleh 167 peserta, dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB.

“Strategi Pemasaran perlu diperhatikan dalam meningkatkan minat pembeli, karena hal tersebut menjadi kunci awal dalam memasarkan atau promosi sebuah produk,” ujar Dr. Ir. Burhanuddin, M.M, Dosen Fakultas Ekonomi Manajemen IPB University selaku Pembicara dalam Webinar Inovasi Desain Produk masa kini dikala Pandemi, pada 29/11.

Menurutnya, salah satu upaya dalam memasarkan produk supaya meraih omzet yang diharapkan adalah dengan memahami pelanggannya. Berkomunikasi dalam melakukan negosiasi dan menawarkan sesuatu yang kita jual adalah kuncinya. Pelanggan merupakan orang penting, karena merekalah yang menjadi tujuan bagi para pemasar.

“Memilih jaringan dan kemitraan bisnispun menjadi yang perlu dilakukan juga bagi para pemasar,” tegasnya.

Abdan Syakuro sebagai Product Designer, mengungkapkan bahwa di era generasi Internet ini harusnya bagi para pelaku bisnis bisa lebih mengetahui kolerasi antara teknologi dan juga pandemi.

“Desain yang merupakan aspek visual yang terlihat dan Berjualan Online menjadi dua sisi yang tidak bisa dipisahkan dalam situasi berjualan dikala pandemi ini,” ungkapnya.

Selain itu, desain produk market yang dibuat haruslah tepat sasaran. Ia mengatakan bila sebuah produk yang mempunyai desain menarik akan jauh lebih menambah harga penjualanya, jika dibandingkan dengan produk yang memiliki desain yang biasa saja dan kurang menarik. Meskipun terkadang bentuk produknya sama, tapi dengan desain dapat mempengaruhi nilai jual yang tinggi.

“Desain itu kaya wajah. Kalo gak enak diliat ya gabakal dilirik,” imbuhnya.

Penulis: Kholida Qothrunnada

VIDEO PILIHAN