Mohon tunggu...
Khoirin Nida
Khoirin Nida Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Pulang Kampung, Mahasiswa Undip Ajarkan Pembuatan Hand Sanitizer dan Hidroponik Sayuran Rumah

8 Agustus 2020   22:10 Diperbarui: 8 Agustus 2020   22:04 13 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Pulang Kampung, Mahasiswa Undip Ajarkan Pembuatan Hand Sanitizer dan Hidroponik Sayuran Rumah
Gambar 1. Pembagian Hand Sanitizer ke berbagai toko di wilayah RT 03

Kudus (7/8). Mulai tanggal 5 Juli 2020, Undip menerjunkan mahasiswanya untuk mengabdi kepada masyarakat guna menjalankan Tri Dharma Mahasiswa. KKN tahun ini berbeda seperti tahun sebelumnya yaitu sistem yang digunakan adalah KKN Pulang Kampung atau KKN di desa sendiri. Tema KKN tahun ini yaitu pemberdayaan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 berbasis pada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Salah satu mahasiswa  KKN di desa Bae  khususnya di RT 03 RW 03, Khoirin Nida dari jurusan Biologi Undip akan melaksanakan salah satu program yaitu inovasi pembuatan Hand Sanitizer berbahan alami dan aman guna untuk mencegah virus corona. Program tersebut dilatarbelakangi oleh adanya situasi pandemi Covid 19 yang terjadi sampai saat ini. Dalam situasi ini, kita tetap harus menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Kegiatan dilaksanakan dengan sosialisasi daring di Grup Whatsapp RT tentang cara pembuatan hand sanitizer melalui video edukasi dan poster, sementara pembagian hand sanitizer dibagikan ke berbagai toko sembako di wilayah RT 03 Bae Pondok dan di Masjid Nurul Mubin Gilang Bae Kudus.

Gambar 2. Produk Hand Sanitizer dengan tambahan Ekstrak Daun Sirih
Gambar 2. Produk Hand Sanitizer dengan tambahan Ekstrak Daun Sirih

Program lainnya yang ada di Kecamatan Bae yaitu cara menanam sayur dengan memanfaatkan media tanam limbah botol mineral kepada anak-anak diwilayah RT 03 Desa Bae Kecamatan Bae. Program ini merupakan salah satu dari program KKN dimana dilatarbelakangi oleh masa pandemi Covid yang mengharuskan pendidikan di Indonesia harus dilakukan secara daring sehingga diperlukan kegiatan yang seru namun menambah wawasan yaitu bercocok tanam sayuran rumah dengan metode hidroponik yang unik dan mudah. 

Kegiatan telah dilaksanakan dengan mengedukasi bercocok tanam serta sosialisasi penggunaan hand sanitizer dan pembagian totebag (pengganti plastik sekali pakai) kepada anak-anak.

Gambar 3. Pelatihan hidroponik bersama anak-anak
Gambar 3. Pelatihan hidroponik bersama anak-anak

Penulis : Khoirin Nida

VIDEO PILIHAN