Mohon tunggu...
Khoerunisa Azkia
Khoerunisa Azkia Mohon Tunggu... Caca

Membaca menambah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Komunikasi Islam dalam Bisnis Online

25 Juni 2021   10:00 Diperbarui: 25 Juni 2021   10:13 115 1 0 Mohon Tunggu...

Globalisasi membawa pengaruh perkembangan di berbagai bidang salah satunya  bidang teknologi. Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dengan adanya teknologi  yang semakin canggih, manusia seolah-olah berada di satu ruangan yang bisa saling tegur sapa dan melakukan aktifitas di dunia maya, termasuk dalam bermu'amalah yang sangat membantu manusia untuk memuhi kebutuhan hidupnya.

Internet merupakan salah satu  contoh kemajuan teknologi yang dapat digunakan sebagai media transasksi jual beli. Jual beli online merupakan transaksi jual beli yang dilakukan menggunakan internet. Jual beli online dianggap lebih  praktis, cepat dan mudah. Selain itu juga dapat meminimalisir pengeluaran dan memaksimalkan keuntungan.

Dalam transaksi jual beli online, diperlukannya komunikasi bisnis yang baik untuk meminimalisirkan kesalahfahaman dalam bertransaksi dan mencapai tujuannya yaitu, memenuhi target marketnya serta mampu menciptakan dan mempengaruhi fikiran calon komsumen nya untuk membeli produk yang mereka tawarkan. Komunikasi bisnis itu tersendiri merupakan proses pertukaran gagasan, ide atau informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disampaikan baik secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol ataupun pesan yang kemudian menjadi pesan dalam lingkup bisnis, sedangkan Komunikasi bisnis islam merupakan proses pertukaran gagasan, ide atau informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disampaikan baik secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol ataupun pesan yang kemudian menjadi pesan dalam lingkup bisnis yang dilandasi syariat islam

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi bisnis islam, Prinsip Komunikasi bisnis dalam islam, Bisnis Online dalam Perpektif islam, dan Contoh komunikasi bisnis islam dalam transaksi online.

PEMBAHASAN

1.Komunikasi bisnis islam

Komunikasi berasal dari bahasa latin communication dan berasal dari kata komunis yang berarti sama yaitu sama makna. Menurut para pakar, komunikasi tidak hanya bersifat informative, maksudnya agar orang lain mengerti dan paham, tetapi juga persuatif pembentukannya pendapat umum (public opinion) dan sikap publik (public attitude) .

Komunikasi juga diartikan sebagai sebuah proses interaksi untuk berhubungan dari satu pihak ke pihak lainnya, yang pada awalnya berlangsung sangat sederhana dimulai dengan sejumlah ide yang abstrak atau pikiran dalam otak seseorang untuk mencari data atau menyampaikan informasi yang kemudian dikemas menjadi sebentuk pesan untuk kemudian disampaikan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan bahasa berbentuk kode visual, kode suara, atau kode tulisan.  

Dalam dunia bisnis, kegitan  membutuhkan interaksi antara orang-orang di dalamnya seperti kerjasama, menentukan tujuan yang ingin dicapai, penyusunan rencana kerja, pengelolaan jalannya bisnis, pembuatan keputusan, serta hubungan dengan pihak diluar perusahaan. Bisnis merupakan kegiatan sistem ekonomi yang diarahkan pada manajemen dan distribusi hasil industri dan jasa profesional yang mendatangkan keuntungan. dalam dunia bisnis, Komunikasi juga merupakan hal yang penting, untuk menjalankan sebuah rangkian kegiatan bisnis. Komunikasi Bisnis diperlukan untuk menyampaikan informasi dalam dunia bisnis dengan cara berkomunikasi baik secara verbal maupun nonverbal.

Dalam islam Al- Qur'an merupakan sebuah media atau pesan ilahi yang diterima oleh Nabi Muhammad untuk disebarkan kepada seluruh umat manusia di bumi sebagai petunjuk untuk melakukan kebenaran. Menurut Nawawi dalam Mahmud (2012:154) bahwa Al- Qur'an merupakan kalam Allah SWT yang dapat dianalogikan bahwa jika manusia membaca Al- Qur'an maka saat itu ia sedang berbicara dengan tuhannya . Maka dari itu berdoa atau mengaji juga bisa dikatakan sebagai penyampaian pesan kepada allah SWT. Islam juga mengajarkan untuk melakukan komunikasi dengan baik tidak hanya kepada tuhannya saja tetapi sesama manusia juga bahkan dengan diri sendiri.

Dapat disimpulkan bahwa, Komunikasi bisnis islam merupakan Kegiatan bertukar pesan antara dua atau lebih dalam lingkup bisnis yang dilandasi dengan aturan Islam. Maksudnya disini seluruh bentuk pesan atau komunikasi ini harus memerhatikan etika atau aturan dan prinsip prinsip yang telah ditetapkan oleh aturan islam termasuk kegiatan bisnis, baik itu berhubungan dengan produk, atau pelayanan perusahaan untuk kepentingan usaha sehingga tidak adanya hal hal yang dapat merugikan sebelah pihak atau kesalahpahaman dalam bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN