Ekonomi

Peranan Big Data Di Bidang Ekonomi

10 Agustus 2018   11:46 Diperbarui: 10 Agustus 2018   12:26 397 0 0

Banyak yang belum tau apa itu big data?

Big Data adalah kumpulan himpunan data dalam jumlah yang sangat besar sehingga menjadikannya sulit untuk ditangani atau di proses jika hanya menggunakan manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data.

Big Data diartikan sebagai pertumbuhan data dan informasi dengan kecepatan dalam pertambahannya dan memiliki data yang bervariasi sehingga menyebabkan tantangan baru dalam pengolahan sejumlah big data yang memiliki banyak perbedaan dan mengetahui bagaimana cara mengolah semua data tersebut.

Big Data memiliki banyak peranan di berbagai bidang salah satu nya di bidang ekonomi, sebelum kita bahas peranan big data di bidang ekonomi kita harus tau bagaimana ekonomi di Indonesia.

Di Tahun 2018 ini, Negara kita memiliki peluang yang baik dalam pertumbuhan sistem ekonomi melimpahnya tenaga kerja dan sarana infrastruktur yang meningkat cukup membuat sistem ekonomi Indonesia membaik. Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 diperkirakan akan naik dan mencapai 5,3% menurut Dana Moneter Internasional (IMF). Kenyataan yang terjadi bahwa peningkatan ekonomi di Indonesia sudah mencapai 5,1% tahun ini.

Dengan target pertumbuhan ekonomi ini big data bisa menjadi salah satu solusinya karena big data dapat membantu pertumbuhan ekonomi yang cepat

Big data memiliki banyak manfaat di bidang ekonomi di antaranya seperti di bawah ini:

   *     Mengoptimalkan proses bisnis

   *     Pemasaran yang lebih bertarget yang memasukan umpan balik pelanggan ke dalam desain produk

   *     Manajemen organisasi yang lebih baik

   *     Inovasi yang lebih cepat melalui siklus penelitian dan pengembangan yang lebih singkat.

Semua manfaat big data pada pertumbuhan ekonomi yang cepat dan maksimal ini, meningkat nya pemakaian big data ini Paques bisa menajadi solusi nya Paques adalah Parallel Query System yang di ciptakan murni oleh putra indonesia

Paques ini adalah teknologi analisa Big Data, Paques mampu mengolah data terstruktur dan tidak terstruktur baik yang berada di dalam database atau pun tidak ,bahkan data yang berasal dari berbagai macam media sosial guna menampilkan tren bisnis atau juga sentimen konsumen. 

Untuk mengoperasikan Big Data Analytic Tool Paques, pengguna hanya perlu menghafal beberapa perintah ber-bahasa Inggris yang sudah umum sehingga profesional bisnis yang tidak memiliki pendidikan atau pengetahuan IT bisa langsung memanfaatkan Paques untuk menyusun strategi. 

Paques, mampu menampilkan hasil analisa dalam berbagai bentuk informasi yang mudah dipahami mulai tabel hingga berbagai macam model grafik serta diagram untuk memudahkan profesional bisnis membaca data.