OLEH: Khoeri Abdul Muid
Mungkin sebagian besar dari kita berpikir bahwa di sekolah dasar (SD), konsep-konsep seperti coding dan kecerdasan buatan (AI) belum dipelajari. Namun, sebenarnya banyak elemen dalam kurikulum yang ada di SD yang, meskipun tidak disebutkan langsung dengan istilah tersebut, memberikan dasar yang kuat untuk memahami AI dan coding di masa depan.
Banyak konsep yang mengarah pada keterampilan berpikir komputasional dan logika, yang merupakan fondasi penting dalam teknologi modern.
1. Logika Matematika
Di tingkat SD, siswa sering kali diajarkan logika dasar seperti konsep pola, pengurutan, atau penyelesaian masalah. Meskipun istilah "coding" tidak digunakan, keterampilan ini sangat penting dalam membangun kemampuan berpikir komputasional. Misalnya, menyusun langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah matematika atau mengidentifikasi pola bilangan, yang sebenarnya merupakan bagian dari dasar algoritma dalam coding.
2. Pengenalan Pola
Pengenalan pola dalam matematika, seperti deret bilangan atau urutan geometri, adalah hal yang umum di SD. Ini sangat penting dalam pengembangan keterampilan komputasi, karena AI sering kali bekerja dengan pola data untuk membuat prediksi atau keputusan. Dengan memahami pola, siswa sebenarnya sudah mempersiapkan diri untuk memahami konsep yang lebih kompleks dalam dunia teknologi.
3. Pemecahan Masalah
Menggunakan pemecahan masalah yang terstruktur adalah keterampilan yang diajarkan di SD. Siswa dilatih untuk memecahkan masalah secara sistematis dan terstruktur, yang mirip dengan cara seorang programmer menulis kode untuk menyelesaikan masalah. Proses ini melibatkan langkah-langkah yang jelas dan terorganisir, yang sangat penting dalam pemrograman.
4. Penggunaan Alat Komputer untuk Pembelajaran