Mohon tunggu...
Khoeri Abdul Muid
Khoeri Abdul Muid Mohon Tunggu... Administrasi - Infobesia

REKTOR sanggar literasi CSP [Cah_Sor_Pring]. REDAKTUR penerbit buku ber-ISBN dan mitra jurnal ilmiah terakreditasi SINTA: Media Didaktik Indonesia [MDI]. E-mail: bagusabdi68@yahoo.co.id atau khoeriabdul2006@gmail.com HP 081326649770

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apakah di SD Selama Ini Sama Sekali Tidak Mempelajari Coding dan AI?

15 November 2024   05:53 Diperbarui: 15 November 2024   09:19 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi. indobot.co.id

OLEH: Khoeri Abdul Muid

Mungkin sebagian besar dari kita berpikir bahwa di sekolah dasar (SD), konsep-konsep seperti coding dan kecerdasan buatan (AI) belum dipelajari. Namun, sebenarnya banyak elemen dalam kurikulum yang ada di SD yang, meskipun tidak disebutkan langsung dengan istilah tersebut, memberikan dasar yang kuat untuk memahami AI dan coding di masa depan.

Banyak konsep yang mengarah pada keterampilan berpikir komputasional dan logika, yang merupakan fondasi penting dalam teknologi modern.

1. Logika Matematika

Di tingkat SD, siswa sering kali diajarkan logika dasar seperti konsep pola, pengurutan, atau penyelesaian masalah. Meskipun istilah "coding" tidak digunakan, keterampilan ini sangat penting dalam membangun kemampuan berpikir komputasional. Misalnya, menyusun langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah matematika atau mengidentifikasi pola bilangan, yang sebenarnya merupakan bagian dari dasar algoritma dalam coding.

2. Pengenalan Pola

Pengenalan pola dalam matematika, seperti deret bilangan atau urutan geometri, adalah hal yang umum di SD. Ini sangat penting dalam pengembangan keterampilan komputasi, karena AI sering kali bekerja dengan pola data untuk membuat prediksi atau keputusan. Dengan memahami pola, siswa sebenarnya sudah mempersiapkan diri untuk memahami konsep yang lebih kompleks dalam dunia teknologi.

3. Pemecahan Masalah

Menggunakan pemecahan masalah yang terstruktur adalah keterampilan yang diajarkan di SD. Siswa dilatih untuk memecahkan masalah secara sistematis dan terstruktur, yang mirip dengan cara seorang programmer menulis kode untuk menyelesaikan masalah. Proses ini melibatkan langkah-langkah yang jelas dan terorganisir, yang sangat penting dalam pemrograman.

4. Penggunaan Alat Komputer untuk Pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun