Mohon tunggu...
Kharis Nur Ahsan
Kharis Nur Ahsan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Matematika UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Studi Independen MariBelajar x Microsoft: Information Worker Track

28 Juni 2022   03:17 Diperbarui: 28 Juni 2022   03:34 142 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
On-boarding peserta Studi Independen MariBelajar Dokpri

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan kebijakan Kampus Merdeka yang diluncurkan dalam rangka menyiapkan para mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman. 

Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka adalah sebuah pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri. Program ini bisa berupa kursus singkat, bootcamp, kursus daring terbuka secara besar- besaran (MOOC) dan lain-lain.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 74/P/2021 Tentang Pengakuan Satuan Kredit Semester Pembelajaran Program Kampus Merdeka menyatakan bahwa program Studi Independen Bersertifikat diberi pengakuan setara dengan 20 SKS.

Salah satu mitra program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka yaitu PT. MariBelajar Indonesia Cerdas yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan terutama dalam teknologi Microsoft menawarkan tiga jenis track pembelajaran diantaranya Information Worker Track, Intelligence Cloud, dan Modern Educator.

Seorang mahasiswa Universitas Diponegoro, Kharis Nur Ahsan, merupakan salah satu peserta program Studi Independen di PT. MariBelajar Indonesia Cerdas dengan learning track yaitu Information Worker Track dimana program ini memiliki tujuan untuk menyiapkan mahasiswa untuk memasuki ruang lingkup bisnis secara lebih luas, 

di mana keterampilan teknis administratif dalam penggunaan teknologi Microsoft Office akan meningkat secara signifikan, sehingga mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas diri atau pun perusahaan yang nantinya akan menjadi tempat bekerja oleh mahasiswa/i. Program ini dilaksanakan selama 5 bulan yaitu dimulai dari 07 Februari 2022 dan berakhir 24 Juni 2022.

Proses pembelajaran dalam program Studi Independen di PT MariBelajar Indonesia Cerdas dilaksanakan secara daring melalui Microsoft Teams dan MariBelajar Learn. 

Materi yang diberikan kepada para peserta Information Worker Track meliputi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Power Platform Fundamental, Microsoft 365 Fundamentals, Dynamics 365 (ERP), dan Dynamics 365 (CRM). Semua materi tersebut diajarkan oleh seorang mentor yang tentunya ahli dibidangnya dan dibantu seorang asisten mentor.

Sistem pembelajarannya dilaksanakan dengan dua metode, yaitu kelas sinkron dan kelas asinkron. Kelas sinkron merupakan kelas pertemuan tatap muka di Microsoft Teams selama 2,5 jam setiap pertemuannya, dalam sebualan terdapat 10 kali pertemuan sinkron. sedangkan kelas asinkron merupakan kelas penugasan, para peserta (mentee) diberikan tugas melalui MariBelajar.

Learn untuk setiap modul pembelajaran dan dalam sebulan terdapar 14 kali kelas asinkron.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan