Mohon tunggu...
kharisma ramadhani
kharisma ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Dhani

NAMA : KHARISMA RAMADHANI NIM : 202110230311441 KELOMPOK : OPTIMISM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Overthinking pada Manusia

27 September 2021   23:37 Diperbarui: 27 September 2021   23:54 53 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Overthinking pada Manusia
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Overthinking, apa sih itu overthinking ? overthinking adalah dimana seseorang memikirkan sesuatu dengan terus -- menerus yang seolah olah hal yang difikirkan adalah hal yang penting, padahal hal yang di pikirkan tersebut tidak begitu penting.

Overthinking hampir terjadi pada semua orang, tetapi juga tidak semua orang mengalami overthinking, overthinking biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki perasaan tidak tenang contohnya cemas, sakit hati, marah, bersalah, dan juga malu. 

Hal ini terjadi karena orang tersebut terobsesi atau terpaku terhadap suatu hal yang mengkhawatirkannya, yang pada akhirnya dapat mengganggu kualitas hidup orang tersebut.

Overthinking bukan lah hal yang buruk, overthinking juga perlu untuk mengintropeksi diri kita untuk menjadi lebih baik tetapi jika berlebihan overthinking akan timbul efek yang tidak baik, bahkan dapat menjadi hal negatif bagi kita dan juga dapat mengganggu kualitas hidup kita. Oleh karena itu kita harus bisa mengatasi overthinking yang ada di diri kita agar tidak menjadi hal yang negatif

Beberapa orang banyak yang menyepelehkan akan adanya overthinking tersebut, padahal overthinking sendiri dapat mempengaruhi diri anda sendiri, jika kalian dapat mengatasi overthinking maka kalian dapat merasakan ketenangan dan akan merasa lebih baik, inilah beberapa sifat yang ada di overthinking.

  • Cemas yang terlalu berlebihan

Cemas yang berlebihan adalah salah satu dari overthinking, coba tanyakan pada diri kalian jika anda mengalami cemas berlebihan maka tanpa anda sadari anda memiliki kebiasaan overthinking.

  • Terlalu memikirkan perkataan seseorang lain

Beberapa orang pasti ada yang selalu memikirkan tentang perkataan orang tentang dirinya. Mungkin dari teman, sahabat, saudara dan juga keluarga. Karena memikirkan perkataan orang lain salah satu terjadinya overthinking

  • Takut untuk memulai sesuatu

Merasakan ketakutan untuk memulai sesuatu, takut akan hal yang terjadi meskipun kamu belum memulainya

Jika overthinking ada pada diri anda maka banyak hal yang akan membuat anda merasa kehilangan jati diri anda, anda menjadi kurang percaya diri. Inilah akibat -- akibat yang terjadi apabila kalian sudah memiliki sifat overthinking.

  • Terganggunya waktu istirahat 

Ketika kamu sedang difase overthinking kamu akan mengalami susah tidur atau terganggunya waktu istirahat karena kamu selalu membawa masalah tersebut dalam fikiran kamu. Bisa bisa saat kamu istirahatpun kamu akan merasa capek.

  • Gangguan pada mental 

orang tersebut akan tenggelam pada masa lalunya, entah ditolak pekerjaan, patah hati, di tinggal sama orang yang kamu saying, hal tersebut juga dapat membuat gangguan mental

  • Sulit untuk menyelesaikan masalah 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan