Mohon tunggu...
Kharisma Indhiarto Putra
Kharisma Indhiarto Putra Mohon Tunggu... Pelajar

SMK Telkom Malang Kelas XI RPL 7 Kelompok 7 : - Damar Raihan Choirul F (11) - Indira Prasetyowati (18) - Kharisma Indhiarto P (20) - Malfynas Putra Ansi (22)

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Mengapa Hubungan Internasional Sangatlah Penting bagi Indonesia?

19 Februari 2020   04:56 Diperbarui: 19 Februari 2020   05:02 123 1 1 Mohon Tunggu...

Tahukah kamu tentang arti dari hubungan internasional itu?. Hubungan Internasional adalah usaha beberapa negara yang bekerja sama untuk mencapai tujuan negara yang lebih baik serta mengembangkan ilmu sosiologi dan politik.

Hubungan internasional tidak hanya terjadi karena ingin bekerja sama, tetapi ada hubungan, persengketakan, permusuhan, atau peperangan ini juga termasuk hubungan internasional. Hubungan internasional dapat juga antar individu, antar kelompok, juga antar negara di negara yang berbeda. Secara umum, titik berat dalam hubungan internasional antara lain adalah bidang pertahanan dan keamanan, ekonomi, sosial budaya, dan bahkan ideologi.

Adapun pendapat dari para ahli mengenai arti dari hubungan internasional, diantaranya :

1.) Menurut Tulus Warsito

Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi dari politik luar negeri dari beberapa negara.

2.) Menurut John Lewis Gaddis

Hubungan internasional adalah bidang kajian yang bermanfaat bagi negarawan dalam usaha untuk membangun dunia yang lebih baik.

3.) Menurut J.C. Johari

Hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlansung diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang prilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas Negara.

Syarat-syarat suatu negara dapat melakukan hubungan internasional, yaitu :

  • Suatu negara tersebut kemerdekaan dan kedaulatannya baik secara de facto maupun de jure telah diakui oleh negara lain.
  • Memiliki wilayah, rakyat, dan pemerintahan yang berdaulat.

Terdapat 2 faktor pentingnya melakukan hubungan internasional, antara lain :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x