Mohon tunggu...
Kharisma Dwi Rachmawati
Kharisma Dwi Rachmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tampil Beda! Mahasiswa KKN Undip Ajak Rebranding Packaging Sebagai Penambah Nilai Jual Produk

10 Agustus 2022   14:45 Diperbarui: 14 Agustus 2022   14:09 59 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam menjalankan bisnis, banyak sekali upaya yang bisa dilakukan demi memajukan usaha. Salah satu usaha yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan rebranding packaging. Rebranding merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk meremajakan produk. Tujuan dilakukannya rebranding pada produk yaitu untuk memperluas target pasar, beradaptasi dan mengikuti tren, dan juga memberikan visualisasi baru terhadap produk. Pada dasarnya, packaging hanya menjadi pelindung produk. Namun, kemasan produk juga memiliki fungsi lain sebagai sumber informasi bagi konsumen dan daya tarik agar produk mampu bersaing dengan produk lainnya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan program rebranding packaging bekerja sama dengan salah satu pelaku UMKM di Kelurahan Tambakharjo. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap selama 3 kali yaitu mencakup kegiatan perizinan, konsultasi desain produk, dan juga penyerahan sampel kemasan.

Kegiatan perizinan dilakukan pada tanggal 8 Juli 2022, mahasiswa melakukan perizinan kepada pelaku UMKM untuk membantu mere-branding packaging produk olahannya. Selain itu, pada kesempatan ini mahasiswa juga menjelaskan beberapa pengetahuan mengenai teknologi QR Code kepada pelaku UMKM sebagai penambah nilai jual pada produk.

Kegiatan kedua yang dilakukan yaitu konsultasi kepada pelaku UMKM mengenai konsultasi desain kepada pelaku UMKM. Konsultasi desain ini dilakukan agar desain kemasannya sesuai dengan filosofi produk dan juga keinginan pelaku UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2022.

Dan kegiatan ketiga yaitu penyerahan sampel kemasan kepada pelaku UMKM. Penyerahan ini dilakukan pada tanggal 31 Juli 2022 di lokasi usaha pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan ini yaitu soft file desain kemasan yang bisa digunakan pelaku UMKM dan juga sampel kemasan sebanyak 50pcs.

Program ini mendapat dukungan dan apresiasi dari ketua UMKM di Tambakharjo dan juga pelaku UMKM. Dengan adanya mahasiswa KKN dan juga program ini diharapkan nantinya dapat membantu pelaku UMKM di Kelurahan Tambakharjo semakin maju dan berkembang.

Penulis:Kharisma Dwi Rachmawati
DPL: Rosa Amalia, S.Pi., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan