Mohon tunggu...
KHOERUL ARIF
KHOERUL ARIF Mohon Tunggu... Iso ora iso kudu iso

Belajar menulis belajar memaknai hakikat kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Paradoks Sorites

26 Agustus 2020   13:49 Diperbarui: 26 Agustus 2020   14:13 49 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Paradoks Sorites
Buku atomic habits

Sorites berasal dari bahasa Yunani, diturunkan dari kata soros yang berarti tumpukan. Jelasnya , paradoks Sorites mengatakan bahwa sesuatu yang kecil / sedikit jika hanya sekali atau dua kali terjadi maka tidak akan terlihat dampaknya. 

Namun jika hal yang kecil / sedikit itu terjadi berulang-ulang ratusan, ribuan bahkan lebih maka akan lebih nyata hasil akhir yang didapat. Jika hanya ada seorang memberi uang seribu rupiah kepada si A maka si A tidak akan menjadi kaya (mempunyai banyak uang). 

Namun jika seorang memberikan uang seribu rupiah ratusan hingga ribuan kali maka tidak heran jika si A bisa mempunyai banyak uang.

Terkesan klise dan sepele contoh di atas tetapi itulah yang ditulis dan dicontohkan dalam buku Atomic habits karya James Clear.

Awalnya penulis mengarsipkan kumpulan artikel nya tentang kebiasaan melalui media pribadinya. Kemudian banyak pembaca yang berminat menjadi pelanggan atas tulisan tersebut. Buku aslinya berjudul Atomic Habits, an easy & proven way to build good habits & break bad ones. Tiny changes, Remarkable results. Diterbitkan pada tahun 2018 oleh Penguin Publishing Group. Kemudian diterjemahkan dan diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama pertama kali pada September 2019.

Dari judulnya pembaca akan mudah menyimpulkan di awal bahwa kebiasaan baik walau kecil akan berdampak luar biasa. Namun bagaimana caranya menemukan habit yang bagus, bagaimana mempertahankan di saat rasa bosan melanda dan bagaimana cara mengevaluasi habit apakah layak diteruskan atau tidak? Buku ini bisa menjadi jawaban.

Kelebihan buku ini setiap bab diawali dengan true story yang menarik. Diakhiri dengan kesimpulan yang sangat membantu pembaca memahami setiap tema tulisan. Selain itu terdapat grafik atau gambar untuk menjelaskan. Bahasa yang dipakai terlihat lugas dan simple. Hal lain yang membuat buku ini enak dibaca karena beberapa sisipan kata motivasi, ide / gagasan dari para tokoh.

Bisa jadi dengan gambaran kelebihan tersebut banyak pembaca yang suka sehingga buku terjemahan ini telah dicetak ulang sampai lima kali pada juni 2020 (9 bulan setelah cetakan pertama).

Namun kekurangan buku ini adalah karena hasil terjemahan maka terdapat sedikit bagian kata atau kalimat yang agak kurang pas.

Yuk dapetkan bukunya dan selamat membaca.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x