Mohon tunggu...
Khansa Mufida
Khansa Mufida Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jurusan PIAUD

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Lakukan Perubahan

26 Februari 2020   16:12 Diperbarui: 26 Februari 2020   16:11 7 0 0 Mohon Tunggu...

Manusia yang ingin maju menjadikan perubahan sebagai hal nomer satu. manusia yang ingin maju tidak pernah setengah-setengah dalam mengambil langkah. jiwa manusia yang ingin maju selalu menggelorakan semangat untuk menjadi hebat dalam setiap perubahan. perjalanan panjang yang telah mengantarkan pada tahap ini, setelah semua kebiasaan buruk tergantikan dengan kebiasaan baik, menjadi sangat berharga.

Proses yang dilakukan bersama dalam mengenali diri, bagaimana visi misi besar dalam hidup, juga segala sesuatu tentang cita cita, adalah bagian dari perjalanan panjang yang telah terlampaui. 

A. Menjadi Diri Yang Baru

ada dua jenis manusia, pertama dialah manusia yang memiliki kepekaan tinggi terhadap perkembangan. ciri cirinya yaitu: 

- mau manerima saran dan kritik 

- berpikir untuk menjadi lebih baik

- tidak takut pada hambatan

- bersegera melakukan langkah baru

Manusia jenis ini memiliki kelapangan hati untuk menerima setiap masukan yang tertuju padanya. ia senang jika ada orang yang mengkritik dirinya hingga kadang ada yang kurang bila tidak ada kritikan dari orang lain atas apa yang ia lakukan. ia tidak pernah tersinggung atau marah jika ada orang yang menilai apa yang dilakukan justru pada sebuah kesempatan, ia akan berterima kasih kepada mereka karena telah memberikan perhatian kepadanya.

Kebanyakan orang tidak suka jika dikritik. Namun, manusia jenis pertama ini akan lapang dan merekam kritikan itu sebagai bahan evaluasi, mencermatinya serta meneliti mana yang penting untuk ditindaklanjuti dan mana yang bukan.ia selalu berpikir tentang masa depan. ia tidak mau membuang waktu dengan memikirkan kegagalan yang belum jelas karena baginya hal yang paling tepat dalam menyikapi waktu yang dimiliki adalah memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, tidak mengisinya dengan hal yang kurang, atau tidak berguna. 

Dalam memanfaatkan waktunya itulah ia senantiasa ingin menjadikan dirinya lebih baik. bagaimana cara ia berpikir, mengucapkan sesuatu, dan melakukan banyak perbuatan, ia upayakan agar semuanya mengarah kepada perbaikan diri. ia tidak takut dengan berbagai halangan yang merintanginya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x