Mohon tunggu...
Khalisah Humairah
Khalisah Humairah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya merupakan Mahasiswa aktif di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Hobi saya membaca dan menulis dan menonton drama korea. saya suka menulis karena dapat mengeluarkan ide dan gagasan saya. saya pernah mewakili provinsi saya dalam ajang olimpiade bahasa inggris tingkat nasional dan pernah meraih juara 3 olimpiade bahasa inggris tingkat nasional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Implementasi Pendidikan Karakter kepada Peserta Didik di Era Merdeka Belajar

6 Desember 2022   20:37 Diperbarui: 6 Desember 2022   20:51 369
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lembaga pendidikan adalah salah satu sumber daya yang sangat penting. Dan bertujuan juga untuk mengevaluasi bagaimana sistem implementasi pendidikan itu berjalan. Dan disamping itu pentingnya menyusun sebuah kurikulum yang jelas memuat pendidikan karakter itu sendiri.

Pendidikan karakter itu sendiri adalah pendidikan yang memuat nilai, budi pekerti, moral, watak untuk mengembangkan kemampuan seluruh pendidik atau pun peserta didik untuk memberikan keputusan, keteladanan, budi pekerti yang baik dan bisa mengimplementasikan semua nilai nilai baik tersebut dalam kehidupan.

Lembaga pendidikan adalah salah satu sumber daya yang sangat penting. Dan bertujuan juga untuk mengevaluasi bagaimana sistem implementasi pendidikan itu berjalan. Dan disamping itu pentingnya menyusun sebuah kurikulum yang jelas memuat pendidikan karakter itu sendiri.

Pendidikan karakter itu sendiri adalah pendidikan yang memuat nilai, budi pekerti, moral, watak untuk mengembangkan kemampuan seluruh pendidik atau pun peserta didik untuk memberikan keputusan, keteladanan, budi pekerti yang baik dan bisa mengimplementasikan semua nilai nilai baik tersebut dalam kehidupan.

Pendidikan karakter di indonesia memiliki kebijakan yang sudah dirumuskan dalam peraturan presiden No. 87/2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi itu sendiri yaitu Nadiem Makarim membuat sebuah program yang dinamakan Merdeka Belajar.

Pendidikan karakter itu sendiri merupakan salah satu aspek terpenting dalam program Merdeka belajar. Karena pendidikan karakter itu memiliki pondasi untuk membangun sumber daya manusia dan kebudayaan yang unggul,terintegrasi dan memuat nilai nilai moral yang penting dalam kehidupan anak bangsa.

Merdeka belajar merupakan suatu program yang memberikan kebebasan berpikir dan inovasi dengan belajar mandiri dan kreatif. Tujuan dari  Merdeka belajar itu sendiri ingin mengubah pemikiran bahwa pendidik itu hanya sebagai pemberi ilmu/informasi semata melainkan pendidik bisa membawa peserta didik itu lebih aktif dari pada pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang lebih efisien.

Dengan merdeka belajar pendidik bisa melakukan pendekatan secara heterogen yang lebih baik guna mendorong keduanya untuk menjelajahi pengetahuan yang lebih berkembang. Dan dengan itu kemampuan peserta didik dapat didukung oleh kemajuan teknologi sehingga proses belajar peserta didik dapat lebih maksimal dan dari Merdeka belajar inilah pengembangan karakter dan nilai moral dapat implementasi secara sempurna dan menyeluruh.

Dibawah ini ada beberapa Strategi implementasi pendidikan karakter kepada peserta didik di era merdeka belajar:

  • integrasi nilai dan budi pekerti pada mata pelajaran

  • Menerapkan nilai nilai karakter serta budi pekerti pada setiap mata pelajaran yang diterapkan dapat membantu membangun pendidikan karakter pada jiwa peserta didik

  • Menerapkan nilai positif yang ditanam oleh warga sekolah

  • Setiap warga sekolah harus menanamkan nilai nilai positif dalam lingkungan sekolah sehingga dari nilai nilai positif itulah yang akan membantu pendidikan karakter. Selain itu nilai positif tidak hanya diterapkan dilingkungan sekolah melainkan din lingkungan diluar lingkungan sekolah, untuk menumbuhkan jiwa positif di lingkungannya.

  • Melakukan pembiasan dan latihan

  • Sebagai seorang pendidik melakukan  pembiasan kepada peserta didik baik dalam hal pembelajaran, menerapkan nilai positif, moral, atau pun nilai nilai karakter lainnya dapat membantu peserta didik dalam membangun jiwa sosial mereka dan melakukan pembiasan latihan baik dalam hal akademik maupun non akademik yang bisa mengasah motorik peserta didik itu sendiri.

  • Memberikan contoh dan teladan

  • Pendidik dalam setiap aktivitas pembelajaran memberikan nilai nilai contoh dan teladan dari materi yang disampaikan untuk membantu menumbuh kembangkan jiwa karakter dari peserta didik itu.

  • Menciptakan suasana belajar yang karakter di sekolah

  • Hal ini dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran dengan cepat.

  • Pembudayaan

  • Membiasakan pendidikan berbudaya kepada peserta didik akan membantu mereka dalam menumbuhkan jiwa sosial dan karakter.


Itulah 6 strategi implementasi pendidikan karakter kepada peserta didik di era merdeka belajar. Kembali lagi dengan peran guru yang melahirkan peserta didik yang unggul, aktif, dan karakter unggul untuk memajukan bangsa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun