Mohon tunggu...
Khalif Baihaqi
Khalif Baihaqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nice try

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Cabang-cabang dalam Ilmu Geografi

30 November 2022   07:33 Diperbarui: 30 November 2022   07:37 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Ilmu Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi, Secara bahasa (Yunani) Geo artinya bumi dan graphien artinya menggambarkan. Menurut Erastothenes geografi berasal dari kata geografika yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi. Yang berarti ilmu geografi bisa dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari tentang pola bentuk bumi. Ilmu Geografi mempelajari semua yang ada di bumi yang berarti flora fauna udara lapisan tanah dan lain-lainnya. Dan di dalam ilmu geografi terdapat cabang-cabang yang dibagi menjadi tiga yakni geografi fisik, geografi teknik, dan geografi manusia.

1). Geografi fisik adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari bentang alam yaitu bagian permukaan bumi yang terbentuk. Di dalam geografi fisik terdapat beberapa pembagian yaitu:

A. Meteorologi dan klimatologi. Meteorologi menurut Bayong Tjasjono (1999) adalah membahas tentang proses gejala cuaca yang ada di dalam atmosfer dan juga troposfer lapisan bawah tanah, sedangkan klimatologi menurut Bayong Tjasjono (1999) adalah ilmu yang mempelajari jenis iklim di bumi dan faktor penyebabnya klimatologi juga bisa dikatakan sebagai ilmu yang menjelaskan tentang iklim dan cuaca.

B. Hidrologi. Hidrologi berasal dari kata hidrologia artinya ilmu air yang berarti ilmu yang mempelajari seputar pergerakan dan kualitas air yang ada di bumi.

C. Oceanografi. Menurut Ingmanson dan Wallace adalah ilmu yang mempelajari tentang laut, peristiwa atau fenomena yang ada di laut.

D. Geologi. Menurut betis and Jackson (1990) adalah suatu ilmu pengetahuan yang khusus untuk mengkaji tentang bumi. Seperti proses terjadi dan terbentuknya hasil, bahan penyusun, serta sejarah kehidupan yang telah terjadi di dalam bumi sejak bumi terbentuk.

E. Geomorfologi. Menurut choke adalah pembelajaran yang mempelajari bagaimana bentuk lahan serta pemekarannya, yang bermula dari sifat yang alami dan juga proses perkembangannya sampai terbentuknya, serta komposisi material yang terkandung di dalamnya.

F. Geografi tanah. Merupakan ilmu yang mempelajari tentang sebaran jenis tanah yang ada di muka daratan yang ada di bumi.

G. Biogeografi. Adalah ilmu yang mempelajari tentang keanekaragaman hayati berdasarkan ruang dan waktu.

2). Kemudian geografi teknik. Adalah ilmu geografi yang mengkaji cara memvisualisasikan dan juga menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, foto udara, dan citra penginderaan jauh. di dalam geografi teknik terdapat beberapa pembagian yakni:

A. Kartografi. Menurut Pystedt B adalah ilmu disiplin yang menyatakan antara peta, dan pemetaan kartografi menyatakan tampilan atau representasi dari dua fenomena geografi yaitu geografi dan virtual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun