Mohon tunggu...
Khairu Syukrillah
Khairu Syukrillah Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes, Jawa Tengah | khairuatjeh@gmail.com | IG khairu_syukrillah

Berbuat baiklah bukan karena surga, tapi karena tuhan sudah sangat baik kepada kita | ID KBC-24

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Pentingnya Edukasi Mangrove bagi Masyarakat Pesisir

14 Maret 2020   13:23 Diperbarui: 14 Maret 2020   13:22 184 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Edukasi Mangrove bagi Masyarakat Pesisir
Foto: Dok. Pribadi

Keberadaan mangrove memang sangat penting bagi kawasan lingkungan yang berbatasan langsung dengan pantai atau pesisir. Mangrove memiliki peranan penting bagi kelangsungan ekosistem pesisir. Selain itu juga sangat penting bagi sabuk hijau pesisir agar tidak terkena abrasi dari air laut maupun erosi dari alur sungai sebelum muara laut.

Fungsi dari pentingnya mangrove memang masih sangat minim dipahami oleh masyarakat awam yang tinggal di pesisir pantai, misalnya di pantai utara jawa khususnya disepanjang pantai Kabupaten Brebes

Perlu adanya edukasi yang mendalam tentang pentingnya keberadaan mangrove untuk wilayah pesisir. Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa mangrove hanya sebatas pohonan biasa yang digunakan untuk menahan terik panas matahari disekitar tambak atau aluliran sungai saja. 

Sehingga konsep pemahaman ini terkadang mendominasi dan menganggap bahwa untuk penghalau panas, cukup dengan beberapa batang mangrove saja.

Seperti di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Warga masyarakat di desa ini hanya memahami bahwa mangrove hanya sekedar tanaman keras yang biasa digunakan oleh para petani tambak untuk berteduh, bukan sebagai fungsi mangrove yang sangat luas.

Hal tersebut disampaikan oleh Kaji Syamsuri, salah satu warga di Desa Randusanga Kulon yang juga berprovesi sebagai petani tambak dan nelayan. Dia menyampaikan bahwa pemahaman masyarakat sekitar Randusanga ini terhadap mangrove hanya sebatas pohonan yang rindang. 

Kaji Syam juga telah melakukan sosialisasi kecil tentang pemahaman terhadap fungsi mangrove yanh sebenarnya, walaupun hanya dengan metode diskusi ringan ditambak. Namun yang dilakukan Kaji Syam perlahan mulai didengar oleh masyarakat.

Realita ini sebenarnya memang sangat menjamur di masyarakat pesisir. Pemahaman yang minim terhadap keberadaan mangrove menjadi sumber petaka bagi masyarakat pesisir itu sendiri. 

Pada konteks ini, perlu adanya sosialisasi yang masiv dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait tentang lingkungan dan edukasi terhadap mangrove.

Pada beberapa laman media dan buku tentang pentingnya mangrove menyebutkan, bahwa fungsi mangrove bukan hanya untuk keindahan lingkungan atau pohon yang rindang untuk berteduh, melainkan untuk menguatkan tanah agar tidak abrasi, selain itu mangrove juga berfungsi untuk pemecah ombak tinggi yang sewaktu-waktu dapat menyerang tambak warga.

Konteks ekosistem, keberadaan mangrove juga snagat penting bagi siklus keberlangsungan hayati. Mangrove selalu digunakan oleh ikan-ikan untuk bertelur. Selain itu, akar mangrove juga mampu mentralisir limbah lingkungan dari sampah masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x