Mohon tunggu...
Khairu Syukrillah
Khairu Syukrillah Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes, Jawa Tengah | khairuatjeh@gmail.com | IG khairu_syukrillah

Berbuat baiklah bukan karena surga, tapi karena tuhan sudah sangat baik kepada kita | ID KBC-24

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Etika Mendaki Kata Survivor, "Menikmati Proses Itu Wajib, Mencapai Puncak Itu Bonus"

18 Februari 2020   01:05 Diperbarui: 18 Februari 2020   01:17 23 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Etika Mendaki Kata Survivor, "Menikmati Proses Itu Wajib, Mencapai Puncak Itu Bonus"
Dok Pri

Mencapai puncak Gunung, bagi kebanyakan para penikmat alam adalah sebuah tujuan utama. Tingginya MDPL tidak menyurutkan para pendaki untuk mencapai titik summit. Namun, statmen muncak adalah tujuan utama berbeda pandangan dengan survivor Sofyan yang berdomisili di Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Sofyan adalah salah satu Survivor dan juga crew inti milik keluarga besar tim Permadi Junggle yang sangat menguasai Jalur Pendakian Gunung Selamet via Bascamp Permadi, Guci. 

Ia mengatakan bahwa kebanyakan paradigma para pendaki adalah mencapai puncak gunung atau summit, dan terkadang ditutup dengan dengan berfoto ria sebagai bukti telah mencapai puncak. 

Hal tersebut disampaikan kepada puluhan peserta Scout Empowerment Camp (SEC) dari Gugus Depan Teritorial Grinting, Brebes.

Dok Pri
Dok Pri
Materi Survival yang diberikan oleh Sofyan kepada anak-anak peserta SEC begitu menarik. Ia menjelaskan satu persatu tentang dasar Survival. Menurutnya Survival adalah teknis atau cara bertahan hidup di alam bebas dan yang melakukan hal itu disebut sebagai survivor. 

Dok Pri
Dok Pri
Metode yang disampaikan oleh Sofyan adalah STOP atau dengan kepanjangan Sit done (duduk), Tingking (befikir), Observation (observasi) dan Plan (rencana). 

Teknis survival bermacam-macam, namun yang utama adalah bagaimana kita mampu untuk memiliki semangat dalam bertahan diri, duduk, tenangkan pikiran, observasi lingkungan sekitar dan susun rencana.

Kondisi ini Sofyan jabarkan bahwa para survivor menikmati proses di alam liar. Ketika para pendaki hanya menginginkan puncak atau summit sebagai tujuan utama. 

Paradigma ini berbeda dengan para survivor yang lebih mengutamakan proses perjalanan yang dinikmati, puncak adalah bonus, puncak bukan tujuan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
18 Februari 2020