Mohon tunggu...
Khairunnisa VegaDamayanti
Khairunnisa VegaDamayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Aku seorang mahasiswa yang sedang menimba ilmu selama 7 semester di Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Dengan Ecobrick, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Ubah Sampah Plastik Menjadi Barang Produktif

12 Agustus 2022   04:23 Diperbarui: 12 Agustus 2022   04:30 91 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dawu, Ngawi (31/07/2022) - Desa Dawu, Kabupaten Ngawi dikenal dengan pertanian karena luasnya sawah yang dimilikinya. Sebagai sarana dalam pertanian, Desa Dawu memiliki saluran irigasi sebagai sarana perairan pertanian masyarakat. Sayang sekali, masih banyak sampah plastik yang dibuang di sekitar saluran irigasi. Padahal di lokasi tersebut telah dipasang papan larangan membuang sampah sembarangan. Sampah plastik tidak hanya ditemukan pada ekosistem daratan seperti lingkungan Desa Dawu, tetapi juga menyerang ekosistem laut. Sampah plastik dapat menyebabkan kerusakan bagi ekosistem darat maupun laut.

Dalam mengatasi masalah tersebut, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, program studi Ilmu Kelautan memprogramkan tentang edukasi ekosistem kelautan melalui pengelolaan sampah plastik sebagai salah satu program kerja monodisiplin. Program kerja ini mengenai edukasi tentang pencemaran sampah plastik dan cara pengelolaan sampah plastik melalui produk ecobrick. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi kepada anak-anak dari jenjang SD hingga SMP. Alasan diberikannya sosialisasi kepada mereka karena sebagai generasi muda diharapkan untuk mencintai dan melestarikan lingkungan sekitarnya dari pencemaran sampah plastik. Dan ke depannya menjadi generasi yang juga mencintai ekosistem laut.

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN pada tanggal 31 Juli 2022 yang berlokasi di Gedung PKK Kantor Desa Dawu. Kegiatan sosialisasi diawali dengan memaparkan materi tentang pentingnya menjaga ekosistem laut dari ancaman sampah plastik dan salah satu cara mengelola sampah plastik melalui ecobrick. Mahasiswa juga membawa model produk ecobrick sebagai gambaran langsung bagi anak-anak Desa Dawu.

Dokumen Pribadi 
Dokumen Pribadi 

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Mahasiswa KKN UNDIP mengajak mereka untuk mempraktikkan pembuatan ecobrick secara langsung. Anak-anak membuat ecobrick mulai dari awal yaitu pemotongan sampah plastik hingga memasukkannya pada botol untuk dibentuk menjadi barang yang bermanfaat. Melalui pelatihan ini diharapkan lingkungan mereka dibebaskan dari sampah plastik.

Penulis : Khairunnisa Vega Damayanti

Program Studi : Ilmu Kelautan 2019

Dosen Pembimbing Lapangan : Maya Aresteria, S.E., M.Si., Akt

Lokasi : Desa Dawu, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan