Mohon tunggu...
Khairunnisa
Khairunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mahasiswa semester 7

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi untuk Mewujudkan Kesehatan dan Konservasi Laut

11 Agustus 2022   08:50 Diperbarui: 11 Agustus 2022   08:52 42 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Karangrejo (09/08/2022) – Pada minggu ketiga kegiatan Tim II KKN UNDIP diisi dengan pelaksanaan kegiatan program monodisiplin oleh Khairunnisa (20) pada hari Minggu, 24 Juli 2022 yaitu Edukasi Ekosistem Laut.  Kesehatan ekosistem laut kurang menjadi perhatian masyarakat karena kurangnya edukasi dan pengetahuan masyarakat itu sendiri terhadap peran laut dan konservasi. Seringkali, isu tentang terancam punahnya biota laut tidak menjadi kekhawatiran bagi masyarakat. Padahal, kepunahan biota laut merupakan ancaman terbesar untuk manusia karena ekosistem laut tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Kurangnya edukasi dan kesadaran masyarakat mengenai peran ekosistem laut untuk keberlangsungan hidup manusia menyebabkan kurangnya upaya konservasi dari masyarakat itu sendiri.

Dibawah dosen pembimbing lapanganan Bapak Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T kegiatan edukasi dilakukan mengenai pentingnya ekosistem laut dan upaya konservasi dengan sasaran siswa Sekolah Dasar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya laut dan konservasi terhadap siswa Sekolah Dasar dengan tujuan menanamkan pentingnya ekosistem laut sejak kecil yang diharapkan nantinya bisa diterapkan di kehidupan nyata hingga mereka bertumbuh besar.

Program kerja ini telah dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Juli 2022 sekaligus memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari Sabtu, 23 Juli 2022. Edukasi dilakukan dengan cara melakukan pendekatan langsung dengan siswa Sekolah Dasar di Balai Kelurahan Karangrejo dengan memberikan booklet mengenai ekosistem laut dan upaya konservasi. Edukasi juga dilakukan dengan pemaparan singkat menggunakan powerpoint dan tanya jawab seputar ekosistem laut dengan siswa sekolah dasar.

Diharapkan dengan adanya program kerja ini akan meningkatkan pemahaman dan perhatian masyarakat khususnya siswa sekolah dasar terhadap pentingnya ekosistem laut dan konservasi serta mendukung Sustainable Development Goals nomor 14 yaitu Ekosistem Lautan, sehingga laut dapat senantiasa lestari dan terjaga.

Penulis: Khairunnisa (Ilmu Kelautan)
DPL: Ari Wibawa Budi Santosa, S.T.,M.T
Lokasi: Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang

Mahasiswa KKN Undip
Mahasiswa KKN Undip

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan