Mohon tunggu...
Khairunnisa
Khairunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Pra Jabatan UMC G-1

Senang mencoba hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia

8 Desember 2022   07:08 Diperbarui: 11 Desember 2022   22:15 13125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu Entitas ?

Menurut Wikipedia, Entitas merupakan sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Dalam hal ini, Pancasila sebagai entitas bangsa Indonesia telah memiliki ciri khas tersendiri yakni adanya keberagaman nilai yang terkandung didalamnya. Sedangkan Identitas menurut Stella Ting Toomey (dalam Wikipedia) merupakan refleksi diri atau cerminan diri yang berasal dari keluarga, gender, budaya, etnis dan proses sosialisasi. 

Dalam hal ini maka, Pancasila berfungsi sebagai Identitas bangsa Indonesia, maksudnya adalah adanya suatu ciri khas yang berbeda dari bangsa lain karena seluruh masyarakatnya selalu berefleksi terhadap nilai-nilai atau pedoman yang terkandung pada Pancasila. Oleh karena itu, Pancasila merupakan identitas nasional yang perlu dan harus dilestarikan.

Dalam mewujudkan Pancasila sebagai fondasi pendidikan Indonesia, kita  sebagai guru harus memahami dan menerapkan sekaligus memberikan contoh terkait aspek-aspek yang terkandung pada profil pelajar Pancasila :

1. Beriman bertaqwa kepada Tuhan YME : 

Pelajar indonesia harus memahami nilai ahlak beragama, pribadi, sesama manusia, alam dan bernegara. Ahlak : Taat beribadah, menghormati orang tua, menghargai perbedaan

2. Berkebinekaan global : 

harus dapat beradaptasi dan menghormati dengan budaya lain tanpa melupakan budaya bangsa dan identitasnya serta mampu mengenal masing-masing budaya)

3. Gotong royong : 

peka terhadap lingkungan sekitar dan bekerja sama secara positif

4. mandiri : 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun