Mohon tunggu...
Khairunnisa
Khairunnisa Mohon Tunggu... 1706974044

Mahasiswi Universitas Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Mengenal Biota Laut: Gurita Si Cerdas Berdarah Biru dari Laut

2 Desember 2020   22:18 Diperbarui: 2 Desember 2020   22:23 345 22 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Biota Laut: Gurita Si Cerdas Berdarah Biru dari Laut
Gurita (Octopus spp.) di Lautan [Sumber: ionrockinstitute.org]

Penyebaran dan Habitat

Gurita (Octopus spp.) merupakan hewan laut berkaki delapan yang hidup hampir di seluruh laut, mulai dari laut tropis sampai laut kutub utara dan selatan. Daerah sebarannya mencakup Indo-Pasifik, India, Jepang, China, Philipina, dan sampai Australia. Hewan laut yang bernapas dengan insang ini merupakan hewan bentik dan perairan dangkal. Octopus umumnya merupakan hewan soliter yang biasa sembunyi di bawah karang pada siang hari dan keluar pada malam hari untuk mencari makan.

Morfologi

Morfologi Gurita [Sumber: uas.alaska.edu]
Morfologi Gurita [Sumber: uas.alaska.edu]
Hewan Ini termasuk ke dalam kelas Chepalopoda (kepala berkaki). Gurita memiliki tubuh yang terbagi menjadi lima bagian yaitu badan, mata, selaput renang, kantung penghisap dan tangan. Bentuk kepala gurita membulat dengan sepasang mata besar yang kompleks. 

Mata gurita yang kompleks layaknya manusia membuat gurita memiliki pengelihatan yang sempurna dibandingkan dengan invertebrata lainnya. 

Matanya mampu menjangkau 360 dengan struktur yang mirip dengan hewan vertebrata sehingga memungkinkannya untuk memfokuskan obyek dan mendeteksi mangsa dan juga musuh. 

Lengan gurita berjumlah delapan yang dilengkapi dengan selaput renang. Pada masing-masing lengan terdapat kantung penghisap dari pangkal lengan sampai ujung lengan. Bagian bawah tubuh gurita terdapat siphon yang berguna untuk mengeluarkan air dari dalam tubuhnya

3 Jantung dan Darah Biru

Gurita memiliki 3 jantung dengan fungsi yang berbeda-beda. Terdapat 2 jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke insang (mengatur pernapasan), sedangkan 1 jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Tiga jantung tersebut membantu gurita untuk memompa darah dengan tekanan tinggi. 

Darah pada gurita berwarna biru, sebutan darah biru ini bukan berarti gurita termasuk keturunan bangsawan, namun karena darah nya memiliki banyak hemocyanin yang mengandung banyak tembaga sehingga darah gurita berwarna biru. 

Hemocyanin memiliki fungsi yang sama seperti hemoglobin, yaitu mengangkut oksigen. Protein hemocyanin mampu meningkatkan kemampuan gurita dalam mengangkut oksigen di laut yang dingin dengan kadar oksigen yang rendah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN