Mohon tunggu...
Khairul Azmi
Khairul Azmi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Insyaallah

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pesona Keindahan Alam, Danau Geunang Geudong

17 Oktober 2021   21:20 Diperbarui: 17 Oktober 2021   21:25 92 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Danau Geunang Geudong merupakan salah satu wisata alam yang berada di kampung putim, kecamatan kaway XVI. Kabupaten Aceh Barat. Lokasi ini merupakan tempat yang layak dikunjungi. Baik itu berlibur bersama keluarga, sahabat, atau bahkan pasangan anda. Geunang Geudong itu sendiri merupakan wisata alam yang masih sangat asri.

Apa bila sobat sekalian berkunjung ke Aceh Barat, maka jangan lupa untuk mengunjungi salah satu dinasti wisata tersebut. Danau ini akan menyajikan keindahan yang sangat luar biasa dan juga danau ini melingkari tiga desa sekaligus. Lokasi wisata ini terbilang cukup mudah diakses. Tempat ini hanya berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota meulaboh.

Geunang Geudong berasal dari berasal dari bahasa aceh, yang memiliki arti sebagai berikut. Geunang berarti gengangan air dan Geudong berarti besar. Danau ini memanglah memiliki genangan air yang sangat luas, sebagai mana namanya itu sendiri. Danau ini berbentuk cekungan raksasa, yang memiliki mata air yang berlimpah.

Geunang Geudong akan selalu terlihat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu local maupun nasional, bahkan para pelancong mancanegara juga berlubur kesana. 

Panoramanya dapat memanjakan setiap mata yang kesana. Diamana geunang geudong itu sendiri juga masih sangat rimbun, pepehonan disana dengan warna hijaunya pun cukup memanjakan mata, terlebih lagi udara yang masih segar juga dapat dinikmati disana. 

Dengan didukungnya cuaca yang cerah maka para pengunjung akan dibuat semakin terbuai dan betah disana dengan warna langit yang biru.

Ketika menjalang senja maka keindahan disanapun akan terlihat sempurna, sinar pantulan matahari dari danau itu semakin sempurna. Momen indah inipun akan sangat disayangkan untuk dilewatkan, matahari terbenam disana dengan ciri khasnya warna keemasan menjadi sangat sempurna keindahannya yang tuhan anugrahkan dan patut kita puji.

Lokasi geunang geudong ini juga menjadi tempat diadakan lomba atau event-event besar. Seperti, perahu dayung, area memancing, dan juga terdapat arena balap motocross. Bahkan juga dijadikan sarana latihan para penyelamat oleh Tim SAR (Search and Rescure) Aceh Barat. Hal ini didukung karena luas kawasan genang geudong ini mencapa sekitar tujuh hektar.

Dengan menguarkan sekitar 10.000 rupiah saja makan para wisatawan yang penasaran akan keindahan danau ini pun dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu yang tersedia disana. Disana juga didukung oleh beberapa fasilitas. Seperti musalla, toilet, dan juga terdapat caf untuk bersantai.

Sampai saat ini tidak ada suatu kepastian mengenai sejarah bagai mana munculnya danau geunang geudong ini. Menurut cerita rakyat yang beredar dimasyarakat sekitar, danau ini dulunya hanya sebuah kolam kecil. Namun seiring waktu berjalan maka air didalam kolam itupun kian bertambah, hingga akhirnya menjadi sebuah danau. Diseputaran danau ini dulunya merupakan perkebunan karet warga sekitar, bahkan sampai sekarangpun masih terlihan pepohonan karet dari kejauhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan