Mohon tunggu...
Khairina Retnaningtyas
Khairina Retnaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tahapan Perkembangan Kreativitas Anak

9 Desember 2020   23:15 Diperbarui: 9 Desember 2020   23:19 76 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahapan Perkembangan Kreativitas Anak
thinkstock

Terkadang tak sedikit orang yang memiliki anggapan bahwa kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki maupun yang tidak dimiliki oleh anak sejak lahir. Namun faktanya, kreativitas memiliki kaitan yang sangat erat dengan keterampilan dibandingkan dengan bakat bawaan. Dalam hal ini orang tua turut berperan dalam proses pengembangan kreativitas anak.

Kreativitas ini tidak bisa hanya dianggap sebagai angin lalu. Tetapi kreativitas merupakan cara berpikir, penerapan pengetahuan dan juga pemecahan masalah. Pengalaman-pengalaman yang sebelumnya dialami anak akan memberikan pengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak diberbagai bidang, salah satunya yaitu kreativitas yang sudah terbentuk sejak anak masih kecil. Kreativitas yang dimiliki anak ini bisa didapat dan dikembangkan agar menjadi hal yang berguna.

Dalam pembelajaran dan perkembangan anak, permainan dan aktivitas kreatif  juga memiliki peran yang sangat mendasar dan keseluruhan. Berikut tahapan perkembangan kreativitas anak.

Perkembangan Kreativitas Anak Usia Satu Tahun

Dalam usia satu tahun, anak terlibat dalam seni kreatif, dengan adaanya hal ini maka tubuh akan digunakan secara keseluruhan saat melakukan kegiatan dan menghasilkan sebuah pengalaman. Anak akan berusaha sesuai kemampuan mereka disaat ingin menciptakan sesuatu yang mereka harapkan dan yang diinginkan. Pengalaman seni bagi anak biasanya jarang disediakan oleh tempat penitipan anak. Tetapi dengan tidak adanya disediakan pengalaman seni ini, eksplorasi yang diajarkan pada anak saat di tempat penitipan anak memiliki manfaat sebagai dasar perkembangan kreativitas anak. Pada usia ini anak sedang menikmati pengalam-pengalam sensoris seperti bermain. Adapun kegiatan yang bisa digunakan sebagai pendorong perkembangan kreativitas anak usia satu tahun yaitu sebagai berikut:

- Eksplorasi berbagai alat musik atau manfaatkan benda-benda disekitar sebgai penunjang perkembangan kreativitas anak.

- Ajarkan anak bernyanyi dan mendengarkan lagu kesukaan anak. Serta ajarkan gerakan-gerakan ringan kepada anak sebagai iringan lagu yang didengarkan.

- Melakukan variasi pada area bermain agar tercipta suasana yang menyenangkan dan tidak menjenuhkan. Selain itu, anak-anak juga akan mengetahui lingkungan baru.

- Membuat karya seni dengan memanfaatkan barang-barang disekitar yang tak terpakai.

- Lakukan permainan interaktif pada anak

Perkembangan kreativitas Anak Usia 2-3 tahun

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x