Mohon tunggu...
Khairina Retnaningtyas
Khairina Retnaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Setiap Orang Memiliki Kecerdasan Ganda

23 November 2020   23:03 Diperbarui: 23 November 2020   23:15 110 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setiap Orang Memiliki Kecerdasan Ganda
medium.com

Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang teori kognitif dan behavioristik, yang mana kedua teori tersebut sangat berkaitan erat dengan teori kecerdasan ganda. Sebelum mengupas secara tuntas aliran kecerdasan ganda ini, apakah kalian pernah mendengar aliran ini? Dan apakah kalian tau apa itu teori kecerdasan ganda? Mari kita simak bersama tentang aliran ini! Let's Goooo!!!

Teori kecerdasan ganda ini pertama kali dikemukakan oleh Howard Gardner yaitu seorang tokoh pendidikan dan tokoh psikologi terkenal asal Amerika yang lahir dengan nama lengkap Howard Earl Gardner pada tanggal 11 Juli 1943 di Scranton, Pennsilvania. 

Hmmm apa itu teori kecerdasan ganda? Teori kecerdasan ganda atau dengan nama lain yaitu Multiple Intelligence yang pada dasarnya merupakan gabungan antara potensi-potensi otak kanan dan otak kiri sehingga potensi-potensi tersebut dapat berjalan secara seimbang dan berdampingan.

Teori ini dijadikan acuan untuk lebih memahami bakat dan kecerdasan yang ada dalam diri setiap individu. Multiple Intellegence memuat sebuah pandangan mengenai penilaian terhadap suatu ukuran kecerdasan seseorang.  

Dalam mempelajari suatu pengetahuan dan menciptakan sebuah keterampilan maka diharapkan setiap individu harus memiliki sifat selektif dalam menentukan kedua hal tersebut, karena nantinya keterampilan dan pengetahuan akan memiliki pengaruh yang cukup besar pada diri seorang individu.

Setiap individu tentunya memiliki potensi yang berbeda-beda dan mereka pastinya memiliki pilihan tersendiri untuk menentukan potensi masing-masing. 

Ada suatu anggapan bahwa anak yang selalu mendapat nilai tertinggi saat ujian maka anak tersebut akan dianggap cerdas, hal ini memang benar. Tetapi, akan salah jika anggapan bahwa jika dikemudian hari anak tersebut mendapat nilai rendah maka dia akan dianggap tidak memiliki kecerdasan. 

Kenyataannya, bisa saja terjadi jika siswa cerdas tersebut bekerja sama dengan siswa yang sebelumnya dianggap biasa-biasa saja, maka hal tersebut akan sanagat penting jika dikaitkan dengan konsep kecerdasan pada konteks kehidupan nyata.

Kemungkinan jika multiple intelligence ini tidak hanya berpacu pada seseorang yang ahli dalam pelajaran hitung menghitung, tetapi bisa saja orang tersebut memiliki keahlian lain seperti public speaking, bernyanyi, menggambar, melukis dan lain sebagainya. 

Hanya perlu memerhatikan perkembangan kecerdasan mana yang lebih berperan aktif, hal ini dipengaruhioleh lingkungan disekitar individu. Hal inilah yang disebut dengan kecerdasan ganda.

Dalam dunia pendidikan, teori multiple intelligence atau kecerdasan ganda ini sangat berperan besar dan kuat. Berdasarkan konsepnya, multiple intelligence ini memiliki model bahwa semua anak memiliki kelebihan. Kecerdasan merupakan kemampuan untuk memecahkan suatu masalah atau kemampuan untuk menciptakan suatu produk yang memiliki nilai dalam suatu komunitas tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x