Mohon tunggu...
Khairina Retnaningtyas
Khairina Retnaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Wajib Coba Model Belajar Ini

19 Oktober 2020   21:08 Diperbarui: 19 Oktober 2020   21:21 105 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wajib Coba Model Belajar Ini
school-3720906-1920-5f8d99318ede4859d12035e2.jpg

Kalian tahu apa itu model pembelajaran? Model pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk penerapan strategi  yang dibuat menjadi kerangka kerja untuk memberikan gambaran atau bayangan yang sistematis untuk proses pelaksanaan pembelajaran agar membantu para siswa dalam belajar dengan tujuan tertentu yang ingin dicapai. Dapat diartikan bahwa model pembelajaraan merupakan gambaran umum namun tetap tertuju pada tujuan khusus.

Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran sangat berbeda dengan metode pembelajaraan yang sudah menerapkan pendekatan-pendekatan pembelajaran dalam konteks yang lebih luas dan lebih dalam lagi. Arti dari makna luas itu yaitu seperti halnya prosedur/pendekatan, strategi, metode maupun teknik.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang model belajar, berikut macam-macam daftar belajar:

Kooperatif

Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai patokan bagi para guru untuk menghadapi evolusi sistem pembelajaran di Indonesia. Model pembelajaran ini sangat bermanfaat dalam menangani sistem pembelajaran di Indonesia yang cenderung lebih pasif.

Pembelajaran kooperatif ini mengedepankan inisiatif siswa agar berperan aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran ini dipilih berdasarkan pengamatan terhadap peserta didik, karena setiap peserta didik memiliki level kecakapan dan cara pikir yang berbeda--beda. Maka dari itu model ini digunakan agar peserta didik dapat memecahkan masalah dengan kerjasama.

Think Pair Share

Model pembelajaran ini didesain untuk peserta didik agar mereka terdorong untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi. Model pembelajaran think pair share pertama kali dikenalkan oleh Frank Lyman dengan tujuan agar dipeeroleh variasi dalam berdiskusi. Metode ini juga dapat dikembangkan menjadi metode yang lebih kreatif. Dengan kata lain agar peserta didik tidak merasa bosan dalam berdiskusi.

Hal ini dikarenakan agar tercipta rencana yang sistematis dan berkembang dalam berdiskusi. Sehingga saat metode thing pair share digunakan maka para siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan saling membantu satu sama lain dalam memecahkan masalah didalam materi pembelajaran.

Discovery Learning

Model pembelajaran discovery learning atau yang biasa disebut dengan pembelajaran penemuan, yang dimana aktivitas pembelajaran disampaikan secara langsung kepada peserta didik, namun metode ini menuntut agar peserta didik dapat memahami materi dengam menggunakan metode tertentu secara mandiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x