Mohon tunggu...
Khairina Retnaningtyas
Khairina Retnaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Atensi: Perhatian, Minat, dan Hasrat

13 Oktober 2020   21:05 Diperbarui: 13 Oktober 2020   21:15 558 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Atensi: Perhatian, Minat, dan Hasrat
vice.com

Atensi, persepsi dan sensasi adalah tiga hal yang saling berkaitan erat. Pada artikel kali ini kita akan menggali lebih dalam tentang atensi. Atensi atau yang lebih sering dikenal dengan perhatian; minat; dan hasrat ini terjadi sebelum persepsi terjadi. 

Tapi apakah kalian tau apa itu atensi? Atensi sangat beragam jenisnya. Atensi yaitu pemrosesan sebuah informasi secara sadar dalam jumlah yang kecil dari sebagian besar informasi yang tersedia. 

Artinya, atensi yaitu pemusatan pada suatu objek yang lebih menarik perhatian individu dari pada objek lain yang berada disekitarnya. Informasi tersebut didapatkan dari pengindraan, mengingat, menganalisis, memahami atau dengan proses kognitif yang lain. 

Dalam penggunaan sumber daya mental yang terbatas maka akan sangat diperlukan proses perhatian atau atensi untuk membantu kecepatan reaksi terhadap suatu rangsang.

Groover menyebutkan bahwa perhatian (attention) adalah salah satu faktor yang mempengaruhi persepsi dan ingatan. Perhatian itu sendiri memiliki arti yaitu menjaga sesuatu agar tetap berada dalam pikirannya atau yang lebih kita kenal dengan mengingat, ini membutuhkan proses kerja mental dan konsentrasi. Terdapat 5 jenis perhatian, yaitu:

Perhatian Terfokus (Focused Attention)

Ketika seseorang diberi beberapa masukan maka perhatian orang tersebut akan terfokus selama beberapa waktu tetapi hanya pada satu masukan saja. Gangguan -- gangguan lain tidak akan mengganggu jika penerima informasi hanya fokus kepada satu sumber masukan. 

Faktor yang mungkin berpengaruh terhadap suatu perhatian yaitu meliputi arah dan jarak, serta gangguan-gangguan yang berasal dari lingkungan sekitar. Keberadaan sumber informasi yang sangat dekat dengan penerima informasi akan sangat mudah dalam proses penerimaan.

Perhatian Selektif (Selective Attention)

Situasi ketika seseorang sedang memantau beberapa informasi dari beberapa sumber sekaligus dapat digolongkan dalam kelompok perhatian selektif.

Dalam proses ini penerima informasi di haruskan memilih satu informasi yang di rasa paling penting dari beberapa informasi yang tersedia dan mengabaikan informasi yang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x