Mohon tunggu...
Tekno

Tips Memilih Genset yang Bagus dan Berkualitas

25 April 2016   16:42 Diperbarui: 27 April 2016   16:29 5372 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Memilih Genset yang Bagus dan Berkualitas
gambar-genset-571de5899893736409a85162.jpg

Generator Set Perkins. Dok.pri

Generator set atau yang lebih dikenal dengan singkatan genset merupakan alat penyedia listrik yang bisa dikatakan menjadi kebutuhan yang utama saat ini untuk beberapa sektor usaha yang membutuhkan daya listrik yang besar.

Selain itu, fungsi dari genset yang dapat menyimpan daya listrik sehingga kita dapat menggunakan listrik ketika pasokan listrik dari PLN mati membuat kebutuhan genset juga mulai diminati kalangan pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), minimarket, bahkan untuk kebutuhan rumah tangga sekalipun.

Dikarenakan banyak jenis, tipe, produk genset yang beredar di pasaran membuat kita harus jeli ketika sedang mencari dan ingin membeli genset nantinya.

Ini dia beberapa tips memilih genset yang bagus dan berkualitas untuk anda yang sedang mencari produk genset terbaik dan sesuai kebutuhan anda.

  • Mencari Genset Sesuai dengan Kebutuhan Daya Listrik yang Digunakan.

Hal pertama yang harus kita perhatikan ketika akan membeli genset adalah pastikan kita sudah mengetahui berapa besar daya listrik yang kita gunakan. Karena jangan sampai kita membeli genset yang memiliki daya listrik yang lebih rendah dari jumlah daya listrik yang kita gunakan.

Idealnya daya listrik genset harus lebih besar 30% dari total daya listrik kebutuhan kita.

Mengapa harus ada daya listrik yang lebih besar? Pertama, menghindari jika terjadi kesalahan perhitungan pemakaian daya listrik kita yang bisa mengakibatkan genset tidak berfungsi dengan maksimal. Yang kedua, untuk persiapan jika nantinya kita menambah penggunaan alat listrik yang berefek terhadap peningkatan daya listrik yang kita gunakan.

  • Hitung Kebutuhan Daya Listrik

Setelah tips pertama telah kita lakukan, tips kedua pastikan bahwa dasar hitungan daya listrik bukanlah yang tertera persis seperti yang terpasang di rumah Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kita harus mempersiapkan apabila kedepannya terjadi hal-hal darurat yang berkaitan dengan kebutuhan mesin.

Mungkin Anda sering melaksanakan pesta kecil ataupun besar, maupun dari hal-hal kecil seperti penambahan alat-alat rumah tangga seperti kulkas, TV, AC dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, demi kelancaran kebutuhan listrik Anda, sebaiknya lebihkan daya genset yang akan Anda beli. Paling tidak 20% - 30% agar ketersediaan listrik tetap terpenuhi. Lebih jelasnya, marilah kita kalkulasikan hitungan daya yang Anda butuhkan jika ada beberapa barang ataupun ketika daya listrik sudah Anda ketahui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN