Mohon tunggu...
Khairil Razali
Khairil Razali Mohon Tunggu... Dosen - Explorer

Ngampus di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, suka travelling.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Sejuknya Callaghan, Newcastle Australia

19 Juni 2019   05:12 Diperbarui: 19 Juni 2019   09:44 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber photo: newcastle.edu.au

 Tidak terasa sudah 6 hari saya tiba di Kota Callaghan, Newcastle Australia. Banyak hal yang sudah saya pelajari dan masa settlement saya sudah pada tahap siap untuk memulai pendidikan doktoral saya. 

Saya memilih Newcastle sebagai tujuan belajar saya setelah saya mempelajari dan bertanya kepada senior saya sebelumnya yang belajar di University of Newcastle. Callaghan sebagai kampus saya bisa di katakan sebagai sebuah kota kecil namun menarik untuk di tinggali. Kota yang tidak terlalu padat dan bagus untuk menimba ilmu.

Tidak ada pusat perbelanjaan yang luar biasa untuk sebuah kota kecil yang berjarak 3 jam dari Kota Sydned namun hanya lah sebuah supermarket yang memadai untuk kebutuhan warga kotanya. 

Kehidupan yang relatif tenang dan jauh dari hirup pikuk seperti halnya Kota Sydney, Callaghan sangat tepat untuk menuntut ilmu. 

Suasana Callaghan yan di penuhi hijaunya pepohonan dan di liputi perbukitan yang membuat kota ini berkonstur beragam dan menjadi tempat olah raga yang baik bila kita memiliki hobi berjalan kaki.

sumber photo: cpsunsw.org.au
sumber photo: cpsunsw.org.au
Sebagai "rumahnya" kampus Universitas Newscatle, Callaghan menjadi tempat menetapnya ribuan mahasiswa terutama mahasiswa asing yang memilih menepi untuk menuntuk ilmu. Tiba di suasna winter, saya merasa sangat nyaman dengan udara yang sejuk dan tidak terlalu ekstrem untuk saya. 

Sebelumnya saya sudah berpengalaman melewati winter di Florida, Amerika sehingga tidak menjadi persoalan yang luar biasa. Winter yang masih sangat standar dan masih bersahabat, menjadikan pengalaman awal yang baik untuk saya menikmati pekan pertama pendidikan saya.

Kampus Universitas Newcastle sendiri yang berada dalam "hutan" terasa tempat yang sangat nyaman untuk belajar. 

Setting kampus yang di kelilingi oleh pohon-pohon terasa seperti dalam hutan benaran namun universitas memang di bangun dan di penuhi oleh tanaman dan pohon-pohon yang teduh dan menghijaukan kampus. 

Bagusnya, berjalan kaki dalam kampus tidaklah sepanas dengan kampus-kampus lain yang tidak tersetting seperti halnya Universitas Newcastle. 

www.change.org
www.change.org
Suasana dan kehidupan di Callaghan rasanya menarik untuk meneruskan dan menuntut ilmu, suasana yang tidak terlalu "crowded" dan alam yang sangat mendukung terasa saling mendukung untuk memulai sebuah kehidupan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun