Mohon tunggu...
Khaila Ayu Maharani
Khaila Ayu Maharani Mohon Tunggu... Lainnya - SMAN 28 Jakarta-XI MIPA 2

🦋🦋🦋

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cyberbullying? Apa Itu?

30 Agustus 2020   12:00 Diperbarui: 30 Agustus 2020   15:02 627 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: zixzester.com

Cyberbullying adalah penggunaan teknologi yang bertujuan untuk melakukan Tindakan bullying  atau perundungan terhadap seseorang. Hal-hal yang termasuk cyberbullying seperti penyebaran informasi pribadi, ancaman sosial, pesan yang kejam dan kasar, mengatasnamakan seseorang, dan masih banyak lagi. Teknologi yang dimaksud dalam perilaku cyberbullying salah satunya adalah media sosial.

Cyberbullying terjadi karena perilaku seseorang yang tidak senonoh dan kurangnya rasa hormat seseorang kepada orang lain. Terdapat 4 faktor yang menjadi penyebab cyberbullying. Pertama,berkembangnya teknologi. Teknologi yang semakin hari semakin berkembang memberi sesorang kesempatan untuk memberikan pendapat negatif terhadap orang lain. Dengan perilaku bullying yang dilakukan secara digital, bisa membuat keterangan pelaku tersamarkan dan mengakibatkan pelaku merasa aman. Yang kedua, faktor lingkungan. Perilaku cyberbullying dipengaruhi oleh lingkungan seseorang. Lingkungan yang dominan mempengaruhi cyberbullying adalah lingkungan keluarga dan sekolah. Hal ini terjadi karena kurangnya kebahagiaan dan adanya kekerasan di lingkungan sekitarnya. Hal itu memunculkan keinginan mendapat perhatian dalam lingkungan keluarga maupun sekolah. Lalu ketiga, karakteristik kepribadian sang pelaku. Terdapat dua karakteristik kepribadian dalam peristiwa cyberbullying. Karakteristik kepribadian pelaku dan korban yang bertentangan. Dan yang keempat, adanya tujuan dan motivasi. Seseorang yang melakukan cyberbullying memiliki keinginan mendapat sensasi yang bertujuan untuk menyakiti orang lain. Pelaku cyberbullying juga memiliki ketakutan berhadapan langsung dengan korban. Maka dari itu, mereka melakukan bullying di dunia maya.

Perilaku cyberbullying berdampak sangat berbahaya. Dampak yang terjadi yaitu munculnya trauma pada seseorang, turunnya rasa percaya diri, hingga membuat seseorang mengalami depresi. Rasa depresi yang dialami korban cyberbullying bisa mengarah ke keinginan bunuh diri. Korban cyberbullying yang merasa tersakiti, marah, dan putus asa menjadi penyebab korban depresi dan memiliki keinginan untuk bunuh diri. Cyberbullying juga membuat korban dipermalukan dan paranoid.

Perilaku cyberbullying sudah banyak terlihat di media sosial. Cara untuk mencegah terjadinya cyberbullying antara lain hindari memposting informasi pribadi, bersifat selektif dalam membahas topik tertentu, dan lindungi password media sosial. Oleh sebab itu, kita sendiri perlu melakukan proteksi untuk mencegah perlibatan kita dalam perilaku cyberbullying, baik sebagai korban maupun pelaku.

Sumber: https://www.simulasikredit.com/bagaimana-cara-mencegah-cyber-bullying/ 

                   https://cosmopolitanfm.com/ini-dia-cara-mencegah-cyber-bullying/

                   https://www.teraslampung.com/tips-mengenal-dan-mencegah-cyberbullying/

                  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan