Mohon tunggu...
Khadejah Zehra
Khadejah Zehra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Menikmati Proses Kesenangan Belajar

Kita Harus Tetap Tumbuh 🌱

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

5 Point Penting Self-awareness

7 Desember 2021   18:18 Diperbarui: 7 Desember 2021   18:25 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.vectorstock.com

Suatu hari fadil sedang bermain dengan kakaknya dan saat itu dia sedang asyik bermain dan penyesalan fadil sedang bermain kakaknya ucil mengatakan notes  yang lengket di atas kepala fadil. Adil tidak menyadari adanya kertas di atas kepalanya karena dia tidak merasakan ada sesuatu di atas kepalanya. Melihat hal itu sang kakak tertawa melihat radial yang tidak sama dengan adanya kertas di atas kepalanya. Kemudian sang kakak memberikan kaca kepada fadil dan menyuruh fadil untuk melihat dirinya di kaca. 

Tingkat 1: perbedaan

Ini adalah tanda pertama bahwa individu tidak menyadari cermin sebagai refleksi. Pada tingkat ini, Apakah ada perasaan bahwa yang terlihat di cermin berbeda dari apa yang dirasakan di sekitarnya Lingkungan. Lebih spesifik lagi, ketika memahami bentuk spekular, orang itu mengambil Fakta bahwa ada sesuatu yang unik tentang pengalaman itu, yaitu bahwa ada kontingensi yang sempurna antara dilihat dan dirasakan. 

Dan saat fadil melihat dirinya di cermin dia baru sadar bangkung di atas kepalanya ada kertas notice yang diletakkan sang kakak, fadil kemudian mengambil kertas di atas kepalanya. Dan saat mengambil kertas tia perkembangannya dengan cara yang reflek, fadila mengambil kertas di atas kepala ini karena dia merasa kertas itu tidak tepat berada di atas kepalanya.

Level 2: situasi

 Di luar perbedaan keunikan pergerakan buatan sendiri terlihat di permukaan Cermin, individu sekarang mampu secara sistematis menjelajahi penghubung antara Terlihat pergerakan di permukaan cermin dan apa yang dianggap tubuh sendiri sesuai dengan selera. dalam Kata lain, individu sekarang melampaui kesadaran karakteristik permukaan yang sama yang terlihat Dan merasakan gerakan. Mereka juga menjelajahi bagaimana pengalaman tubuh mereka sendiri berhubungan dengan Gambar spekular, gambar yang ada di luar sana, memproyeksikan kembali pada mereka apa yang mereka rasakan dari dalam.

Setelah menyingkirkan kertas dari atas kepalanya istilah bercermin dan melihat dirinya, di cermin dia berkata bahwa kertas itu tidak seharusnya berada di atas kepalanya. Karena kertas tempatnya di bagian alat tulis bukan di atas kepala, dan di cermin dia berkata bahwa "aku tampan dengan tanpa adanya kertas di atas kepalaku".

Tingkat 3: identifikasi

 Pada tingkat ini, memanifestasikan pengakuan individu, fakta bahwa apa yang ada di cermin adalah "aku," Bukan orang lain yang menatap dan membayangi diri. Ada lebih dari perbedaan dan Situasi diri dalam kaitannya dengan gambar spekular. Tingkat ini diungkapkan ketika anak-anak merujuk Secara eksplisit untuk diri sendiri sambil menjelajahi gambar spekular mereka sendiri. 

Setiap lu sekarang memiliki kesadaran diri permanen, fadil memiliki sifat ditemenin untuk percaya diri. Dia percaya padadirinhya bahwa dia terbiasa dengan penampilan tanpa adanya faktor di atas kepalanya dan perahu kertas di kepada tersebut fadil memiliki percaya diri yang permanen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun