Mohon tunggu...
Fina Kurnia Sari
Fina Kurnia Sari Mohon Tunggu... .

Football Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sapu Bersih Laga Uji Coba, Modal Timnas U-19 Melaju ke AFF

22 Juli 2019   20:14 Diperbarui: 22 Juli 2019   20:20 0 1 0 Mohon Tunggu...
Sapu Bersih Laga Uji Coba, Modal Timnas U-19 Melaju ke AFF
Turun minum pertama pada laga kontra Deltras Sidoarjo (20/7) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. (dok. Pribadi)

Stadion Gelora Delta Sidoarjo masih menjadi tempat favorit bagi tim nasional Indonesia untuk melakukan latihan dan uji coba. Senin sore ini (22/7) Timnas U-19 asuhan Fakhri Husaini berhasil menakhlukan Persekabpas dengan skor akhir 4-0.

Di babak pertama, Bagus dkk tampil menyerang dan berhasil membuat kiper lawan harus jatuh bangun mengamankan gawangnya. Di lima belas menit pertama, Sutan Zico berhasil membuka kebuntuan dan dua menit berselang, ia berhasil membubuhkan namanya untuk kali ke dua di papan skor. Timnas U-19 mulai tampil percaya diri dan gencar melakukan serangan, hasilnya pada menit ke-35 Supriadi berhasil memperbesar keunggulan setelah kiper Persekabpas gagal melakukan clearance. Tak puas dengan tiga gol yang telah bersarang di gawang lawan, Rendy Juliansyah berhasil menutup babak pertama dengan skor 4-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Di babak ke dua, Persekabpas mulai melakukan beberapa pergantian pemain dan berusaha untuk menembus lini ke dua dari anak asuh Fakhri Husaini. Tak mau kalah dengan tim lawan, Timnas U-19 pun terus tampil menyerang dan berhasil mematahkan pergerakan tim asal Pasuruan tersebut. Hingga akhir turun minum ke dua, Timnas Indonesia berhasil menjaga kemenangan dengan empat gol tanpa balas.

Persekabpas merupakan tim ke tiga yang meladeni Timnas U-19 uji coba, pasalnya pada dua hari sebelumnya, Timnas sudah menjajal kekuatan dari dua tim asal Jawa Timur yakni Deltras Sidoarjo dan Persibo Bojonegoro. Pada

Pada pertandingan pertama (18/7) kontra Persibo, Timnas U-19 berhasil meraih kemenangan usai Rendy Juliansyah dan Bagus Kahfi menorehkan namanya di papan skor dengan hasil akhir 2-1. Sedangkan pada laga ke dua, mereka bertemu dengan tim tuan rumah yakni Deltras Sidoarjo, bermain di depan ribuan penonton membuat kedua tim saling tampil menyerang. Laga ditutup dengan kemenangan Timnas U-19 usai putra asli Sidoarjo, Brylian Aldama mencatatkan namanya sebagai pencetak gol tunggal.

Berhasil menyapu bersih tiga laga ujicoba merupakan modal penting bagi Timnas U-19 dalam persiapan Piala AFF yang akan berlangsung di Vietnam mulai tanggal 5 hingga 19 Agustus 2019. Pada turnamen kali ini, Bagus dkk berada di Grup A bersama dengan Brunei, Filipina, Laos, Myanmar, dan Timor Leste. AFF kali ini merupakan ajang pembuktian tim asuhan Fakhri Husaini, pasalnya pada tahun lalu mereka berhasil memboyong Piala AFF U-16, terlebih lagi beberapa di antara pemain masuk ke dalam program Garuda Select yang merupakan program kerja sama PSSI dengan SuperSoccer TV. Lima bulan berada di tangan dingin Des Walker cukup menjadikan pemain lebih matang dan siap bertanding di level yang lebih tinggi.

2019 akan menjadi tahun panjang bagi perjalanan Timnas, di samping U-19 yang akan melakoni Piala AFF, Timnas U-23 asuhan Indra Sjafri juga bakal mengikuti SEA Games pada penghujung tahun ini di Filipina. Sedangkan Timnas U-16 juga harus berjuang di Piala AFF yang diselenggarakan di Thailand pada akhir bulan Juli ini. Sang senior, asuhan Simon McMenemy juga harus bekerja keras untuk Pra Piala Dunia 2022 yang dijadwalkan mulai awal September tahun ini.

VIDEO PILIHAN