Mohon tunggu...
Kezia Caitlin
Kezia Caitlin Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penerima Beasiswa Prestasi STP Trisakti Menulis untuk berbagi sedikit pendapat dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tips Memulai Usaha Rumahan yang Harus Diterapkan

30 Juni 2020   21:27 Diperbarui: 30 Juni 2020   21:27 41 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam kondisi yang masih ditengah pandemic ini, banyak orang yang memulai usaha rumahan, dan dapat dilihat paling banyak dalam bidang kuliner. Hal ini tentu berhubungan dengan masih banyak nya orang yang WFH sehingga membuka usaha makanan sangat cocok karena setelah kurang lebih 3 bulan dirumah ini kita merasa bosan dengan makanan rumah atau sekitar rumah kita. Sehingga mencoba makanan baru sangat lah menarik. tentu kita dapat mudah menemukan berbagai macam olshop yang membuka usaha kuliner, mulai dari ecommers sampai instagram. 

lalu bagaimana cara agar kita dapat memulai usaha seperti tersebut?

berikut tips yang dapat berguna bagi pemula yang ingin memulai bisnis kecil-kecilan:

1. Menentukan jenis makanan yang akan dijual, dalam hal ini usahakan untuk tidak terlalu banyak menaruh variasi atau jenis makana  yang akan dijual. Kenapa? Agar kita sendiri tidak pusing dengan pengaturan waktu dalam membuat olahan makanantersebut dan tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak.

2. Menggukana sistem Open PO atau Pre-Order. Kenapa penting untuk melakukan sistem pre-order bagi pemula? Hal ini berhubungan dengan poin di nomor satu. Dengan adanya pre-order, maka tidak akan ada bahan yang terbuang, dan akan menghasilkan lebih banyak lebih berasa keuntungan yang kita dapat.

3. Mencatat orderan di buku khusus jualan ketimbang di gadget. Kenapa? Karena dengan begitu kita dapat mengingat lebih baik dan akan mempermudah saat pengemasan dan pengiriman. Biasakan juga saat mendapat orderan untuk langsung mencatat di buku tersebut agar tidak lupa. Dengan begitu juga kamu dapat melihat dengan mudah perkembangan bisnis kamu dari setiap open pre-order.

4. Membuat logo. Hal ini juga cukup penting dilakukan agar kamu dapat merintis bisnis yang memiliki branding. dengan begitu, akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh orang-orang.

Sekian tips dari saya, saya pun masih belajar dalam berbisnis. tetapi saya harap ini dapat membantu.

VIDEO PILIHAN