Mohon tunggu...
Kevin Purba
Kevin Purba Mohon Tunggu... Mahasiswa

Sang pengejar Mimpi.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Peran Penting Orang Tua dalam Menangani Dampak Negatif Internet bagi Anak

20 Agustus 2019   10:30 Diperbarui: 20 Agustus 2019   11:31 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Peran Penting Orang Tua dalam Menangani Dampak Negatif Internet bagi Anak
Dokpri

Orang tua merupakan aspek terpenting dalam kehidupan anak. Perkembangan anak tentu menjadi tanggungjawab orang tua tentang bagaimana cara mendidiknya dengan baik.

Grobogan, Desa Wandankemiri (03/08/2019) - Generasi internet, mungkin itulah istilah yang tepat untuk menggambarkan generasi anak di zaman sekarang. Dari anak usia remaja sampai anak balita pun sangat mahir dalam menggunakan fasilitas dunia maya yang satu ini. Informasi yang mengalir dengan mudahnya membuat para orang tua mulai mengkhawatirkan kelayakan informasi yang dapat diterima dan dilihat oleh anak-anaknya. 

Jeleknya sifat seorang anak tentu bisa diakibatkan oleh kesalahan orang tua dalam mendidik. Di era yang serba modern ini peran penting orang tua pun sangat diperlukan terutama berkaitan kecanggihan teknologi. Sesuatu yang tidak dapat dihindari bahwa teknologi berkembang dengan pesat sehingga dalam penggunaannya tidak digunakan dengan semestinya.

Mahasiswa KKN Undip yang bertugas di Desa Wandankemiri Kec.Klambu Kab.Grobogan, dalam kesempatan ini memberikan sosialisasi mengenai peran penting orang tua dalam menghindari anaknya terjerumus karna dampak negatif internet. Internet selain dalam fungsinya memudahkan manusia, tersimpan sebuah unsur kejahatan didalamnya yang dapat mengganggu perkembangan anak untuk menjadi lebih baik.

Kevin Purba, yang merupakan salah satu anggota dari mahasiswa KKN TIM II Undip 2019 mengatakan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini ialah karena maraknya perilaku-perilaku tidak sesuai norma yang kerap kali diperlihatkan oleh anak zaman sekarang. Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan secara rutin kepada anak dalam membuka gadget nya agar tidak mudah terkena dampak negatif dari internet. "Dampak paling parah ialah dapat merubah pola perilaku anak menjadi pribadi yang nakal dan kurang bersosialisasi dengan lingkungan nya," tuturnya.

Sesuatu yang dapat menghambat perkembangan anak tentu harus bisa dihapuskan dari sisi mereka. Dalam hal ini, kehadiran orang tua menjadi aspek yang paling utama untuk proses pengawasan dengan tidak membiarkan anak-anaknya membuka internet sendirian.

(Kevin Purba dan KKN TIM II Undip 2019)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x