Mohon tunggu...
Kevin OktraSembiring
Kevin OktraSembiring Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Saya Orangnya mudah bergaul dengan orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menabung Itu Perlu, Harus Dilakukan Sedari Kecil!

8 Agustus 2022   16:37 Diperbarui: 8 Agustus 2022   16:43 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Medan (25/7)- Pelaksanaan KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan di daerah masing-masing mahasiswa dikarenakan kondisi pandemic Covid-19 yang masih berlangsung. Namun demikian, proses pengabdian masyarakat melalui kegiatan KKN tetap dilaksanakan. 

Kendati demikian, bukan menjadi penghalang bagi mahasiswa Universitas Diponegoro untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berbeda dengan KKN pada tahun sebelum-sebelumnya,yang pelaksananaannya dilakukan secara daring.

Salah satu program kerja yang dilaksanakan mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro menyasar para pelajar dalam upaya pemberian edukasi. Dilaksanakan di Kelurahan Sempakata 2022 adalah Edukasi Tips Menabung di kala pandemi covid-19. 

Kehidupan warga terutama anak pelajar yang cenderung konsumtif pada saat pandemi ini sangat mempengaruhi tingkah laku warga tersebut. Dengan adanya kebijakan dari pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk melaksanakaan kegiatan dari rumah masing-masing menyebabkan masyarakat membeli kebutuhan secara daring. Oleh karena itu, program ini cocok dilaksanakan.

Sosialisasi ini dilakukan dengan membuat poster tentang menabung terlebih dahulu kemudian dicetak, setelah poster selesai dibuat Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022 melakukan perizinan di Sekolah Swasta Masehi Medan. 

Sosialisasi ini mendapat respon yang positif dari pihak Kepala Sekolah, Guru-guru, dan siswa pelajar Sekolah Masehi Medan demi mewujudkan anak-anak akan sadarnya menabung sejak dini dan mengurangi perilaku hidup yang konsumtif. Sosialisasi dilakukan bergilir di tiap-tiap kelas Sekolah Masehi.

Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 berharap setelah dilakukan sosialisasi dan penyampaian edukasi ini, dapat mengurangi atau minimal menyadarkan masyarakat, terkhususnya untuk adik-adik pelajar akan pentingnya menabung sejak dini sekitar Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Medan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun