Mohon tunggu...
Kevin Christanto
Kevin Christanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Untuk pembuatan tugas artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Manusia, Kebudayaan, dan Teknologi

29 Oktober 2021   01:18 Diperbarui: 2 November 2021   19:15 160 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dunia terbentuk dengan adanya campur tangan Tuhan. Tuhan menciptakan manusia dilengkapi dengan akal budinya untuk mengisi kehidupan di Bumi. Dengan dilengkapi akal dan pikiran, muncul kebiasaan - kebiasaan dalam kehidupan,  sehingga terbentuk budaya. Untuk memenuhi kehidupan, manusia juga menciptakan berbagai peralatan atau teknologi untuk membantu seluruh aktivitas manusia. Artikel ini dibuat untuk menjelaskan mengenai hubungan antara manusia, kebudayaan dan teknologi pada zaman sekarang.

Manusia adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan yang spesial. Tuhan telah memberikan kita akal budi dan pikiran yang tidak diberikan kepada makhluk-makhluk Tuhan yang lainnya. Oleh karena itu, Manusia diberikan mandat dari Tuhan untuk menjaga dan melestarikan Bumi dari generasi ke generasi.

Guna memenuhi kebutuhan hidup, manusia mengusahakan segala hal yang ada di Bumi : menciptakan berbagai peralatan untuk menolongnya bekerja, mengembangkan kesenian untuk memuaskan jiwanya, mengolah pikirannya untuk mengembangkan kehidupan yang lebih berkualitas, dll. Manusia mengembangkan cipta dan karsanya bagi kesejahteraan hidupnya.

Melalui berbagai aktivitas kehidupan tersebut, muncul ide, pola pikir, tingkah laku dan kebiasaan manusia, sehingga timbul yang namanya budaya. Budaya terbentuk karena adanya unsur pengetahuan, religi, geografis suatu wilayah, ekonomi - politik dan teknologi

Budaya dengan teknologi berjalan seiring dengan zaman. Sekarang kita berada di zaman serba teknologi. Era teknologi dapat dirasakan sejak abad ke 20 hingga kini, ditandai dengan munculnya berbagai seperti internet, handphone, laptop, drone, alat transportasi canggih, dan sebagainya. Teknologi diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia di Bumi.

Saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir masyarakat, Globalisasi dan modernisasi telah mengakibatkan munculnya gaya hidup instan dan gaya hidup dengan teknologi informasi. Dengan munculnya gaya hidup tersebut segalanya dituntut serba cepat dengan hasil yang besar dan memanfaatkan teknologi secara maksimal.

Manusia sebagai Makhluk Berbudaya

Secara bahasa, manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain).

Manusia adalah makhluk spesial  ciptaan Tuhan sebab manusia diberikan akal budi yang istimewa oleh Tuhan. Manusia ialah makhluk hidup dengan segala fungsi serta potensinya yang tunduk pada hukum aturan alam; mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, meninggal, dan seterusnya, serta terkait dan berinteraksi dengan alam dan  lingkungannya dalam sebuah hubungan timbal balik  positif maupun negatif.

Berikut pengertian manusia menurut para ahli :

  • Kees Bertens : Manusia adalah suatu makhluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan. (jiwa dan raga)
  • I Wayan Watra : Manusia adalah makhluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa.
  • Erbe Setanu : Manusia adalah makhluk sebaik-baiknya ciptaan-Nya.

Manusia sebagai mahkluk individu memiliki pemikiran-pemikiran tentang apa yang menurutnya baik dan sesuai dengan tindakan-tindakan yang akan diambil. (memiliki cipta, rasa, dan karsa). Manusia juga berlaku sebagai makhluk sosial yang saling berhubungan dan keterkaitannya menggunakan lingkungan (lingkungan sosial, ekonomi, politik, budaya dan  alam) serta daerah tinggalnya. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. dalam menjalankan segala aktivitas perbuatan maupun perkataan haruslah sejalan dan sesuai dengan hakikat kodrati-Nya (sesuai dengan ajaran Tuhan).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan