Mohon tunggu...
Kevin Jendika
Kevin Jendika Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

sunscreen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gladi Hominisasi

5 Oktober 2022   23:06 Diperbarui: 5 Oktober 2022   23:11 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat pra-geladi hominisasi saya mendapat tugas, salah satunya yaitu mendengarkan dan memahami lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza dan memilih lirik yang menarik dari lagu tersebut. 

Menurut saya, lirik yang menarik adalah "Indonesia, kebangsaanku Bangsa dan tanah airku" (Stanza 1) karena dari dilahirkan sampai sekarang ini saya sudah menjadi bangsa Indonesia . 

Pada hari-H geladi, saya dan teman-teman kelompok memasuki breakout room di zoom meetings dan berdiskusi mengenai topik keberagaman dalam berbagai aspek kehidupan. Kemudian hasil dari diskusi tersebut dipresentasikan secara berkelompok.

Refleksi pengalaman saya terkait dengan Geladi Hominisasi ini adalah saya dapat mengetahui keberagaman itu tidak hanya dalam aspek Suku, Ras dan Agama saja, tetapi Keberagaman juga tentang aspek wilayah, golongan, dan kepribadian. 

Keberagaman tidak akan lepas dari kehidupan manusia sehingga kita dapat menjunjung tinggi sikap toleransi dan saling menghargai antar umat.

Menurut saya, kemampuan dalam penggunaan logika sebagai warga negara perlu dilakukan karena dari kemampuan tersebut bisa menjadi pembelajaran penting agar warga negara bisa membedakan mana salah dan yang benar.

Sedangkan kemampuan menggunakan bahasa diperlukan  karena dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat yang berasal dari berbagai suku bangsa dan bahasa yang berbeda dapat saling berkomunikasi. 

Dengan kata lain, kemampuan logika dan bahasa dapat mempersatukan bangsa.

Manfaat yang didapatkan setelah mengikuti Geladi Hominisasi adalah menambah wawasan saya menjadi sadar akan pentingnya menghargai keberagaman yang ada karena dengan adanya keberagaman Suku, Ras dan Agama membuat Indonesia  menjadi bangsa yang  mempunyai ciri khas Tersendiri. 

Selain itu, Geladi Hominisasi juga melatih saya dalam menyampaikan pendapat ketika diskusi dan melatih kerja sama tim, serta melatih saya untuk berani berbicara di depan umum (presentasi).

Kemampuan yang saya dapat dari Geladi Hominisasi akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah adalah kemampuan dalam berpresentasi dimana ketika berpresentasi kita tidak boleh menggunakan bahasa-bahasa informal/bahasa daerah, harus menguasai materi yang akan dipresentasikan, dan percaya diri sehingga dapat menarik perhatian pendengar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun