Mohon tunggu...
Ketawang Um
Ketawang Um Mohon Tunggu... Lainnya - KKN Universitas Negeri Malang

Kelompok KKN UM ini bertugas di desa Ketawang, Gondanglegi kab. Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sosialisasi Working Space Menggunakan Google Documents oleh Mahasiswa KKN UM Kepada Perangkat Desa Ketawang

23 Juli 2021   17:15 Diperbarui: 23 Juli 2021   18:22 41 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosialisasi Working Space Menggunakan Google Documents oleh Mahasiswa KKN UM Kepada Perangkat Desa Ketawang
Dokumentasi Pribadi: Pelaksanaan Sosialisasi Working Space Melalui Zoom Meeting

Malang -- Jumat (22/07/21), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) yang ditempatkan di Desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang mengadakan sosialisasi working space menggunakan google documents. Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh perangkat desa Ketawang ini, diadakan untuk membantu mereka dalam menghemat waktu, tenaga, dan jarak. Karena PPKM diberlakukan, sosialisasi ini diselenggarakan  secara online menggunakan zoom meeting.

Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat. Masyarakat dituntut mengikuti arusnya agar tidak tertinggal dengan kecanggihan yang ada. Tak bisa dipungkiri bahwa teknologi yang ada pasti memiliki dampak negatif dan positif untuk keberlangsungan aktivitas masyarakat. Kendati demikian, teknologi berbasis website terpopuler, google, tak berhenti berusaha untuk menyebarkan dampak positifnya dengan melengkapi layanannya dan menjadi pelopor pembentukan aplikasi web untuk mempermudah pekerjaan. Salah satu aplikasi yang berhasil dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan adalah google documents.

Secara historis, google documents diluncurkan pada Oktober 2012 bersamaan dengan google drive yang keduanya digabung dan dinamakan google docs. Google documents agaknya memang mirip dengan microsoft word yang merupakan layanan pengolah kata atau dokumen. Meskipun begitu, google documents mungkin lebih lengkap dan sesuai untuk menyelesaikan pekerjaan secara bersamaan. 

Dokumen yang berasal dari google documents dapat diedit, dikomentari, dan diakses maksimal 50 orang dengan perizinan terlebih dahulu tentunya. Dokumen jenis ini dapat memudahkan pekerjaan, dimana yang biasanya dokumen harus dikirim berulang kali karena harus di revisi beberapa hari, dapat direvisi seketika saat koreksi telah usai dan tidak perlu dikirim berulang kali.

Google documents memiliki fitur-fitur yang sangat berguna untuk mengolah kata dan dokumen. Diantara fiturnya adalah bisa memberikan komentar secara begantian, meminimalisir kehilangan data, dan pemeriksaan ejaan. Karena fitur-fitur yang menarik seperti inilah, mahasiswa KKN UM menjadikan google documents sebagai objek sosialisasi working space di desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi.

Dokumentasi Pribadi: Penyampaian Fitur Dalam Google Documents
Dokumentasi Pribadi: Penyampaian Fitur Dalam Google Documents

Kegiatan sosialisasi workingspace ini dilakukan secara virtual selama satu jam dimulai pukul 13.50 WIB sampai pukul 14.50 WIB. Diawali dengan pembukaan MC, sosialisasi langsung dilanjutkan dengan pendahuluan dan penyampaian materi google documents yang disampaikan oleh dua mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2021. Sesi tanya jawab menjadi acara selanjutnya, ada empat pertanyaan yang dilontarkan. Ringkasan tanya jawab sosialisasi working space adalah sebagai berikut.

  1. Google documents dapat diakses melalui laptop dan juga android secara online
  2. Tidak ada batasan jumlah orang dalam mengakses dokumen yang berada dalam google documents
  3. Tidak ada batasan waktu dalam mengakses dokumen yang berada dalam google documents selama link masih aktif
  4. Google documents sudah memiliki fitur untuk mengetik kata yang diucapkan seperti halnya dalam google assistant

Dokumentasi Pribadi: Sesi Tanya Jawab yang dipandu oleh MC Mahasiswa KKN UM
Dokumentasi Pribadi: Sesi Tanya Jawab yang dipandu oleh MC Mahasiswa KKN UM

Setelah sesi tanya jawab berakhir, kegiatan sosialisasi working space diakhiri dengan sesi foto bersama dan penutupan resmi oleh MC. Sosialisasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UM ini berakhir dengan harapan, kedepannya perangkat desa atau golongan kerja dapat memanfaatkan teknologi yang ada agar pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan cermat sehingga berdamapak baik dan memuaskan masyarakat.

Dokumentasi Pribadi: Foto bersama dan Penutupan
Dokumentasi Pribadi: Foto bersama dan Penutupan

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan