Mohon tunggu...
Ketapels
Ketapels Mohon Tunggu... Komunitas Tangsel

Ketapels adalah komunitas yang didirikan tanggal 1 Januari 2016 untuk mewadahi penulis Kompasiana (Kompasianer) yang berdomisili di Tangsel dan sekitarnya. KETAPELS mengangkat isu-isu regional melalui Kompasiana, berbagi edukasi, berbagi inspirasi dan kemanfaatan melalui tulisan (blogging) | Instagram ; @ketapels - email ; temanketapel@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

[Kalender Komunitas] September di Ketapels, Saatnya Bantu UMKM

30 September 2020   03:32 Diperbarui: 30 September 2020   03:43 49 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Kalender Komunitas] September di Ketapels, Saatnya Bantu UMKM
Ketapels

Hallo Teman Ketapels dan Kompasianer!

Masuk bulan ke sembilan, pandemi belum juga berakhir. Di tempat mimin tinggal, bahkan ada yang baru saja dinyatakan positif covid.

Suka tidak suka, menerima atau menyangkal, maka kebijakan pemerintah akan PSBB diketatkan lagi. Dan kita warga (khususnya) Tangsel, musti menahan diri bepergian dan memilih tinggal di rumah.

Dalam keterbatasan gerak, mimin memutar otak agar bisa tetap berkegiatan. Akhirnya terbetik ide, memperbanyak kegiatan online.

Dan agar memiliki dampak pada pihak lain, maka sepekan sekali di bulan September mimin bergandengan tangan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pekan pertama bulan sembilan, madu de'farm menyambut kolabarasi pertama bareng Ketapels. Pemroduksi produk madu hutan ini, merasa senang diajak bekerja sama.

Gayung bersambut terjadi di pekan kedua, produk Saripati Laer yaitu minuman instan berbahan herbal (Jahe, Kunyit, Temu Lawak) menjadi UMKM berikutnya.

Yang unik di minggu ketiga September, adalah usaha rumahan baru dirintis yaitu Tahu Brontak Palanta. Panganan yang dijajakan dengan gerobak ini, diakui masih sepi pembeli oleh pemiliknya.

Perjalanan masih panjang, jatuh bangun musti dilalui. Maka ketika saya kopdar, Tahu khas Padang ini mencoba pindah gerai dari depan rumah ke Pasmod Bintaro.

Masih berhubungan dengan UKM, tiga Teman Ketapels hadir pada pembukaan gerai Nyapii Bintaro di Raya Jombang Tangsel.

Dan menutup bulan September, Tantangan Ketapels bareng Pepes Bandeng Dapoer Intan adalah persembahkan untuk Teman Ketapels dan Kompasianer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x