Mohon tunggu...
Roger Artkinson
Roger Artkinson Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis yang selalu ingin mengembangkan tulisan-tulisannya

Penulis paruh waktu yang hobi menulis apa pun yang ada di pikirannya.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tak Mau Kalah dari Telkomsel, Indosat Juga Bakal Segera Gelar 5G

3 Juni 2021   19:17 Diperbarui: 11 Juni 2021   07:01 69 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Mau Kalah dari Telkomsel, Indosat Juga Bakal Segera Gelar 5G
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dikabarkan masih akan lama terjadi, siapa sangka di bulan kemarin Indonesia akhirnya merasakan juga koneksi 5G. Telkomsel adalah pemrakarsa pertamanya dan sekarang ini mereka sedang mengupayakan agar koneksi tersebut bisa tersebar ke lebih banyak kota. Tes yang dilakukan cukup mengesankan. Bahkan kecepatannya bisa tembus hingga ratusan Mbps.

Seolah tak mau kalah dengan Telkomsel, Indosat nampaknya sedang bersiap-siap ingin meluncurkan 5G juga. Tahap mereka masih ULO (Uji Laik Operasi) saat ini, kalau oleh Kominfo sudah dianggap layak dan baik, maka dalam waktu tak lama mereka akan menyebarkan koneksi 5G untuk komersial.

Senior Vice President Corporate Communications Indosat Oredoo, Seteve Saerang, mengatakan jika mereka sedang mempersiapkan terkait ULO dan infrastruktur 5G-nya. “Kami terus berkoordinasi dengan Kominfo, sambil mempersiapkan ekosistem jaringan untuk mendukung 5G. Kerapatan site, fiberisasi, termasuk juga Segment Routing IPv6 dan model operasi digital dengan AI, serta Automation,” ungkapnya.

Mei kemarin mereka sudah mengajukan ULO dan jika lancar maka tahun ini seharusnya sudah bisa menggelar 5G. Adanya Indosat ini tentu akan jadi hal bagus di mana konsumen akan lebih punya pilihan terkait 5G. Apalagi kabarnya mereka mungkin akan menggunakan frekuensi yang berbeda dengan Telkomsel.

Untuk cara pakainya sendiri kurang lebih sama seperti kita membeli paket Telkomsel. Jadi nanti mungkin akan tersedia paket Indosat untuk 5G yang bisa kita pilih. Semoga bisa segera disetujui oleh Kominfo sehingga persebaran 5G di Indonesia lebih meluas lagi dengan provider yang berbeda-beda.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN