Mohon tunggu...
Kerisman Halawa
Kerisman Halawa Mohon Tunggu... Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bentuk-bentuk Perkembangan Definisi Perpustakaan

16 Agustus 2019   15:37 Diperbarui: 16 Agustus 2019   15:40 0 0 0 Mohon Tunggu...

BENTUK-BENTUK PERKEMBANGAN DEFENISI PERPUSTAKAAN

Transformasi ilmu pengetahuan semakin menggelembung meningkat seiring dengan perubahan waktu dan zaman. Revolusi ini membuat manusia semakin berupaya untuk berlomba-lomba mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Mulai menyuarakan gagasan dan ide untuk disalurkan kepada dunia itu fenomena transformasi ilmu pengetahuan. 

Begitu juga dengan transformasi perkembangan perpustakaan. Secara otomatis mendengar defenisi perpustakaan berarti ada kaitannya dengan buku. Mengapa? Karena perpustakaan itu merupakan sebuah wadah atau tempat/gedung yang berisikan materi atau beberapa koleksi perpustakaan. 

Koleksi itu merupakaan kumpulan dari beberapa buku yang disimpan dalam perpustakaan. Sedangkan bahan pusataka merupakan istilah yang banyak digunakan oleh kalangan pustakawan. Akan tetapi istilah tersebut memiliki makna yang sama.

Proses transformasi perpustakaan mula-mula perpustakaannya mencakup materi yang bersifat tercetak, non cetak, bentuk mikro, bentuk karya elektronik dan materi perpustakaan yang sudah diasosiasikan dalam bentuk komputer dan online. 

Kemudian untuk mempermudah masyarakat atau pengguna dalam memperoleh informasi maka perpustakaan mengunakan teknologi informasi atau dengan perkembangan sekarang lebih dikenal dengan perpustakaan terotomasi. Nah, disamping itu juga perubahan komponen koleksi perpustakaan disamping berkembangnya teknologi berpengaruh terhada defenisi perpustakaan:

1. Perpustakaan berbasis materi perpustakaan kertas.

Perpustakaan adalah sebuah wadah atau gedung yang menyimpan berbagai koleksi buku-buku yang ditata atau disusun sesuai dengan terbitannya untuk digunakan pembaca. Perpustakaan berbasis materi kertas merupakan sebuah perpustakaan awal yang menyimpan berbagai koleksi dalam bentuk gulungan buku, bahan cetak seperti manuskrip, buku, majalah, lembaran musik, pamflet dan prosiding dan lain-lain.

2. Perpustakaan berbasis kertas dan multimedia

Perpustakaan berbasis kertas dan multimedia merupakan sebuah perubahan pengelolaan materi perpustakaan mulanya dari koleksi dalam bentuk kertas seperti manuskrip, bahan cetak , buku dll. Sekarang dengan transformasi berubah menjadi perpustakaan multimedia. Segala jenis koleksi dimasukan dalam bentuk multimedia misalkan foto para pahlawan dengan perkembangan teknologi maka di simpan dalam bentuk kaset atau bentuk mikro.

3. Perpustakaan elektronik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2