Mohon tunggu...
Kerisman Halawa
Kerisman Halawa Mohon Tunggu... Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengapa Calon Mahasiswa Lebih Memilih PTN Dibanding PTS

14 Agustus 2019   19:53 Diperbarui: 14 Agustus 2019   20:11 0 2 2 Mohon Tunggu...

MENGAPA CALON MAHASISWA  INGIN LEBIH MEMILIH PERGURUAN TINGGI NEGERI DIBANDING DENGAN PERGURUAN TINGGI SWASTA

Pada zaman dahulu, masyarakat atau sekelompok keluarga bahagia sekali jika anak dalam keluarga tersebut bisa sekolah. Anak dahulu jika ditanyakan orang tua mau sekolah dimana, jawaban anak dimana-dimana saja. Mengapa itu jawabannya? Karena pikiran mereka hanya ingin sekolah dan bebas dari penjajahan pendidikan. 

Zaman dulu masyarakat tidak mengenal negeri atau swasta. Tetapi hanya sekolah saja. Orang tua ingin mau menyekolakan anaknya untuk bisa mengangkat derajat keluarga. Kemudian, dalam kehidupan masyarakat ada juga masyarakat yang belum sekolah karena faktor ekonomi dan tuntutan psikologi. 

Dahulu jika anak nya sudah sampai tingakat SLTP, wah luar biasa karena dahulu uang sekolah dibayar, sehingga banyak anak tidak sekolah karena faktor itu. Kemudian, siswa zaman dulu pintar semua tidak seperti sekarang ini. Mengapa? Karena dahulu siswa itu dituntut untuk belajar serta mental di didik. Sekarang tidak. 

Dulu gurunya kejam dalam arti dalam menyampaikan dan mengajarkan materi dalam sekolah sehingga dengan metode pemebelajaran seperti itu makanya siswa mau berjuang dan belajar untuk meraih impian. 

Oleh karena itu, siswa  zaman sekarang sudah berbeda dengan zaman dulu. Siswa sekarang lebih mengarah pada sifat individualisme. Maksudnya adalah lebih personal tidak mau berorganisasi tidak mau bergabung dengan komunitas lain. Mengapa hal itu terjadi? Karena pengaruh gadget. Ini adalah fenomena yang sedang marak sekarang.

Dalam lingkup pendidikan ketika Anda telah lulus dari sekolahnya kemudian ingin melanjut ke tingkat perguruan tinggi. Lalu, pertanyaan si Anak adalah kemana saya harus kuliah?. Kemudian anak mulai berpikir saya harus memilih perguruan tingi Negeri dibanding dengan perguruan tinggi Swasta. 

Apa pun itu caranya. Jalur untuk masuk perguruan tinggi adalah melalui SBMPTN dan BIDIK MISI. Kemudian banyak sekarang mengikuti jalur ini akan tetapi masih banyak calon mahasiswa yang belum lulus sehingga banyak yang enggak lanjut dan putus semangat karena tidak masuk PTN. Dari pandangan itu dapat dikaji bahwa ada beberapa perbedaan antara PTN dan PTS adalah antara lain:

Perbedaannya adalah jika perguruan tinggi Negeri siswa memilih karena?

  • PTN terpercaya, terkenal dan ternama. Pandangan siswa terhadap ini memang benar PTN itu terkenal misalkan UI, ITB,UGM dan lain-lain. Itu lah yang menjadi daya tarik siswa untuk kuliah di sana.
  • Mudah dapat pekerjaan. Sebagai mahasiswa yang kuliah  di PTN ternama maka mudah diterima kerja karena dinilai dari PT dimana dia bekerja dan diakui mahasiswanya mampu berkontribusi dengan pekerjaan yang diterima.
  • Sarana dan prasarana kampus lengkap. Tentu saja namanya PTN otomatis biaya operasionalnya.
  • Jika dalam kontrak perkuliahan sedang berlangsung, jika mahasiswa 25 orang maka semuanya memberi perhatian untuk fokus belajar. Misalkan dalam ruangan palingan mahasiswa yang ribut atau malas belajar dapat di hitung jari karena dalam PTN tidak ada ampunan untuk masalah Nilai, atau  misalkan anda dapat masalah dalam kelas maka anda harus segera menyelesaikan dengan cepat.
  • Biasanya mahasiswa yang kuliah diperguruan tinggi Negeri adalah mayoritas anak orang yang mampu sedangkan minoritasnya anak yang kurang mampu itu pada umumnya.
  • Mendapat perhatian dan pujian dari lingkungan kita berada. Misalkan ada Pulang kampung otomatis pasti yang pertama kali ditanya adalah "kamu dimana kullia nya? Maka anda menjawab "di Kampus ternama misalnya". Otomastis pasti anda mendapat pujian dari masyarakat atau linkungan anda berada.
  • Dalam perguruan tinggi Negeri dosen pengajar mayoritas Dosen yang profesional dibidangnya.
  • Memiliki fakultas dan Jurusan yang mungkin anda minati.
  • Dan lain sebagaianya.

VIDEO PILIHAN