Keren Vicer
Keren Vicer

Enjoy Every Moment

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Segarnya Rasa Sayur Babanci yang Melegenda

14 November 2017   21:07 Diperbarui: 14 November 2017   21:11 273 2 1
Segarnya Rasa Sayur Babanci yang Melegenda
Dokumentasi Pribadi

Memasukki salah satu tempat makan di Kawasan Kota Tua, dengan bangunan bergaya zaman Belanda, membuat saya ingin masuk dan mencicipi makanan yang disajikan. Sambil melihat menu makanan, terlihat nama makanan yang unik yaitu Sayur Babanci.

Tak membutuhkan waktu lama, saya pun langsung memesan makanan tersebut, rasa penasaran pun bertambah, alhasil saya meminta ijin kepada chefnya untuk melihat proses pembuatan salah satu makanan khas Betawi.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Kemudian, disajikanlah menu sayur babnci dengan menggunakan mangkuk bulat berwarna hitam yang ditaruh diatas meja. Aroma rempah-rempah tercium terasa pekat, warna kuah kental berwarna kunyit membuat rasa lapar bertambah.

Proses pembuatannya pun cukup mudah, bawah merah dan bawang putih, kemiri di ongseng hingga berwarna hitam dan diblender dengan bahan-bahan lainnya, setelah itu di goreng hingga kering sehingga mengeluarkan aroma sedap dan tambahkan air secukupnya, menunggu sampai mendidih dan kental. Dan jangan lupa tambahkan daging sapi sebagai pelengkap. Sayur babanci siap disidangkan.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Pertama kali saya mencicipi kuahnya yang kental dan masih tercium aroma rempahnya yang pekat, perpaduan rasa asem, asin dan gurih, merupakan kata yang tepat untuk mempresentasikan rasa kuah sayur babanci. ditambah parutan kelapa yang membuat rasa kasar dilidah ingin memcicipinya kembali.

Sedikit sejarah singkat tentang sayur babanci yang makanan khas betawi yang sudah jarang terdengar ataupun disajikan, tidak bisa digolongkan sebagai makanan gulai, kare maupun soto. Beberapa orang juga meyakini bahwa nama babanci diambil dari perpaduan antara babah dan enci yang disinyalir, makanan ini dulunya dibuat oleh para peranakan Betawi - Tionghoa.

Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UP PBB) Disparbud DKI, Rofiqoh mengatakan, sayur babanci merupakan makanan khas betawi yang sulit ditemukan.

"Sebab beberapa bahan rempah-rempahnya sudah langka, seperti tai angina dan temu mangga," Katanya, Selasa (7/6).