Mohon tunggu...
M KevinCaesario
M KevinCaesario Mohon Tunggu... Mahasiswa - M Kevin Caesario Mahardika Blog

Selamat Datang Di Blog M Kevin Caesario Mahardika

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hybrid Unisa Yogyakarta

26 Januari 2022   22:05 Diperbarui: 26 Januari 2022   22:13 97 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hybrid Learning:  Wajib Vaksin Dosis II

Sejak akhir tahun 2019 dunia dihebohkan dengan merebaknya wabah covid-19 di berbagai negara sebagai pandemi yang menyebabkan kebiasaan baru dalam beraktivitas.  

Terhitung sejak masuknya pandemi tersebut, pemerintah Indonesia segera menerapkan metode work from home hingga berujung pada himbauan lockdown untuk mengurangi mobilitas luar rumah terutama kegiatan kontak fisik untuk meminimalisir penyebaran covid-19.  

Melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberlakukan kegiatan belajar mengajar secara daring pada semua lembaga pendidikan baik dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi.  


Seperti halnya, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan pelaksana kegiatan belajar mengajar daring sejak masuknya pandemi covid-19 khususnya di Indonesia. 

 Pembelajaran daring menjadi warna khusus pada masa perjuangan melawan virus covid-19 ini.  Pembatasan sosial selama masa pandemi ini memberi dampak pada kebijakan penyelenggaraan pendidikan yang harus diupayakan tetap berlangsung.  

Dalam mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta menyediakan layanan pembelajaran yaitu LENSA (Learning Management System UNISA Yogyakarta) guna memudahkan kegiatan belajar mengajar baik dosen maupun mahasiswanya.  

Selama masa perkuliahan daring, Unisa Yogyakarta memberikan bantuan subsidi kuota guna memudahkan proses belajar mengajar baik tenaga kependidikan maupun mahasiswa.  

Adapun kegiatan masa taaruf (mataf) yang diikuti mahasiswa baru harus dilakukan secara daring melalui media zoom yang dilakukan selama 2 minggu.  Selain mataf, Unisa Yogyakarta juga  melakukan kegiatan Pesantren Muda Berkemajuan (Pespama) yang mau tidak mau tetap dilakukan secara daring.

 
Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru mengenai pembelajaran tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti:  kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan satuan pendidikan dalam pembelajaran tatap muka dengan membagi peserta didik dalam satu kelas sebanyak 50% anak, sehingga kondisi seperti ini lebih dikenal dengan hybrid learning.  Hal tersebut segera direspon positif oleh Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.


Terhitung sejak Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta menjalankan hybrid learning, Unisa sendiri menetapkan peraturan sebagaimana seluruh mahasiswa wajib sudah di vaksinasi dosis kedua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan