Ada Cara Sehat
Ada Cara Sehat Blogger

Manusia yg kepo sama kesehatan, gaya hidup dan otomotif. Doyan juga nulis politik dan ponsel.

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Apakah Tudingan Amien Rais kepada Kapolri Tito Punya Maksud Tertentu?

11 Oktober 2018   17:35 Diperbarui: 11 Oktober 2018   17:49 860 2 3
Apakah Tudingan Amien Rais kepada Kapolri Tito Punya Maksud Tertentu?
kompas.com

Terungkapnya hoax Ratna Sarumpaet memang sangat mengejutkan masyarakat umum, banyak pendapat luas yang mengecam penganiayaan yang terjadi pada Ratna Sarumpeat, terlebih lagi emak emak yang ditampilkan dengan foto muka lebam sana sini.

Rasanya tidak berlebihan jika saya mengatakan, strategi Ratna Sarumpaet akan sukses besar jika polisi tidak mampu mengungkap kebenaran yang terjadi. Apalagi, belum lama ini juga di ketahui Ratna Sarumpaet akan terbang ke Chile. Untungnya drama hoax Ratna Sarumpaet dapat terungkap sebelum berangkat ke Chile.

Ngomong-ngomong tentang Chile yang gagal dikunjungi Ratna Sarumpaet, saya cukup tertarik juga untuk mengetahui, seperti apa kondisinya jika warga negara Indonesia mengunjunginya.

Mengutip laman detik.com (05/10/2018) tentang Chile dan warga negara Indonesia saat berkunjung ke sana, sangat terasa keistimewaan yang diberikan ketika datang kesana. Ketika Anda mengunjungi Chile, beberapa kewajiban umum bisa dilewati, misalnya bebas kunjungan visi selama 90 hari atau 3 bulan untuk pemegang paspor hijau. Jadi, kita hanya menunjukan paspor kepada petugas imigrasi Chile untuk masuk, hal ini juga sama seperti kunjungan negara ASEAN.

Jika batas waktu untuk tinggal di Chile akan habis, ada 2 langkah mudah untuk melakukan perpanjangan. Yang pertama membayar dengan uang sebesar 100 US, atau dengan cara kedua pindah ke negara terdekat dan masuk lagi ke Chile untuk mendapatkan fasilitas seperti semula. Cara ini hanya bisa digunakan dua kali saja untuk masa satu tahun. Jadi Anda bisa tinggal bebas maksimal 180 hari atau 6 bulan disana.

Mereka yang mempunyai paspor sebagai warga negara Indonesia, tentu sering melihat warna adalah hijau, jadi artinya mereka yang datang ke Chile tidak memerlukan visa.

Di dunia ada 4 warna paspor yang beredar dan mempunyai arti masing-masing, misalnya warna merah, secara umum adalah menandakan asal negara Uni Eropa. Paspor biru umumnya untuk negara dunia baru sekitar Karibia dan negara lain. Paspor hijau menandakan untuk negara Islam atau mayoritas terbesarnya memeluk agam Islam. Paspor hitam umumnya digunakan negara seperti Selandia Baru, Botswana dan lainnya.

Kembali pada tudingan Amien Rais pada Kapolri Tito, di sela sela hadir dalam pemeriksaan sebagai saksi terhadap Ratna Sarumpaet. Amien Rais meminta Jokowi mencopot Kapolri Tito Karnavian. Menurut dugaan Amien Rais, Tito menerima aliran dana dari pengusaha impor daging, Basuki Hariman. Amien Rais menunjukan tayangan bukti berupa berita koran nasional.

Kompolnas yang mengetahui tudingan yang dilontarkan pada Kapolri Tito Karnavian mengatakan, bahwa tudingan yang di arahkan pada Tito adalah hal yang serius dan harus dapat dibuktikan oleh Amien Rais, ucap Sekretaris Kompolnas Bekto Suprapto, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (10/10/2018).

Pada kesempatan tersebut, Kompolnas juga menyayangkan jika tudingan tersebut sengaja di lontarkan saat Polda Metro Jaya sudah bekerja dengan baik.