Ada Cara Sehat
Ada Cara Sehat Blogger

Manusia yg kepo sama kesehatan, gaya hidup dan otomotif. Doyan juga nulis politik dan ponsel.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Jalan Malam Hari di Yogyakarta, Kopi Aneh Lik Man dengan Arang di Dalamnya

8 Oktober 2018   22:00 Diperbarui: 8 Oktober 2018   22:21 309 2 0
Jalan Malam Hari di Yogyakarta, Kopi Aneh Lik Man dengan Arang di Dalamnya
Kopi Unik, Dalam Gelas Ada Bara |

Melakukan wisata ke tempat destinasi memang banyak misteri yang jarang kita tahu sebagai pengunjung, hal ini mungkin peristiwa biasa untuk masyarakat yang sudah lama tinggal di suatu lokasi. Misalnya saat Anda ke Yogyakarta, pernahkah melihat minuman kopi yang terdapat arang hitam di atas gelas ? Jujur saja, saya juga baru tau, ada keunikan dari misteri kopi yang menggunakan arang ini.

Angkringan Lik Man Yogyakarta

Kalau misalnya Anda lagi berlibur untuk waktu lama, mungkin tidak ada salahnya untuk melihat keunikan yang terdapat di angkringan Lik Man. Lokasinya ada di Tugu Yogyakarta bagian utara yang dapat di jangkau dengan jalan kaki, saat berada di kawasan Malioboro.

Makan dan minum di tempat sejenis angkringan memang sangat populer di Yogyakarta, selain memiliki kesan lebih merakyat, sehingga Anda tidak perlu takut, jika "diketok" oleh penjualnya. Harganya bervariasi namun lebih cenderung murah jika dibandingkan penyajian makanan yang menggunakan tempat jenis lain.

Untuk kuliner makan dan minuman sejenis angkringan, di Jogja secara umum banyak mulai buka sejak malam hingga pagi dini hari, ada juga beberapa angkringan yang sudah buka sejak pagi atau siang, namun geliat wisatawan saat cari makan dan minuman khas Jogja ini, lebih terasa banget ketika dilakukan malam hari.

Makanan yang biasa ada dalam sajian sejenis angkringan, adalah sego kucing,  aneka ragam gorengan, jenis sate-satean, daging dan yang berasal dari ayam, kerang, keong dan pilihan dari beragam minuman untuk menghangatkan tubuh. Minuman yang ditawarkan untuk malam hari juga beragam, dari wedang jahe, susu jahe, wedang tape hingga kopi.

Alasan Nama Kopi Joss

Nama kopi Joss sebenarnya populer tanpa sengaja. Bermula dari kopi yang di seduh air panas yang di cemplungkan dengan bara yang sudah menjadi arang panas, saat arang merah akibat panas masuk ke dalam kopi tersebut, muncul bunyi jooosss.

Jika Anda penasaran seperti apa proses perbuatannya, bisa juga menyaksikan langsung saat kopi sedang buat hingga dicemplungkan bara merah ke dalam gelas.

Untuk mencoba kopi jos ini, angkringan Lik Man sudah mulai buka jam 18.00 hingga dini hari. Jika untuk sekedar menikmati kopi, disarankan untuk tidak datang saat tengah malam.

Berbeda jika memang ingin menikmati suasana malam yang khas di Yogyakarta, bisa mampir kesini dengan persiapan untuk antri dan suasana ramainya, semakin malam angkringan akan semakin ramai karena banyak orang yang ingin jalan dan menikmati suasana khas di Jogja.