Ada Cara Sehat
Ada Cara Sehat Blogger

Manusia yg kepo sama kesehatan, gaya hidup dan otomotif. Doyan juga nulis politik dan ponsel.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Attention, Server Maintenance Bikin Kaget Tanpa Pemberitahuan di Halaman Depan

8 Oktober 2018   20:26 Diperbarui: 8 Oktober 2018   20:43 272 1 0
Attention, Server Maintenance Bikin Kaget Tanpa Pemberitahuan di Halaman Depan
(Sumber:pexels.com)

Mengurus layanan web berbasis data seperti forum, berita dan yang ada hubungannya dengan jaringan internet, memang gampang-gampang susah. Alasan kata gampang lebih banyak daripada susah yang saya tuliskan ini, karena alasan untuk melakukan perawatan dengan proses maintenance tidak dilakukan setiap hari, biasanya ada beberapa standar yang menjadi tanda saat  pemilik dan pengurus web hosting sudah perlu melakukan maintenance.

Beberapa Gejala Penyebab Pemeliharaan Server

Derasnya informasi yang masuk menjadi tulisan diposting dalam sebuah web dan meningkatnya komentar serta tambahan log dalam cpanel, untuk waktu tertentu memang akan menjadi beban hosting, sehingga kinerja berangsur menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, sebuah keputusan melakukan perawatan akan mulai menjadi perhatian untuk mengatasi kemungkinan makin lambatnya proses data yang keluar dan masuk. 

Selain alasan diatas, ada beberapa kemungkinan yang berpotensi web hosting menjalani perbaikan dan perawatan, diantaranya :

1. Data penyimpanan nyaris penuh
Data penyimpanan dalam sebuah hosting adalah salah satu komponen terpenting yang selalu diperhatikan pengurusnya. Beberapa kemungkinan yang berhubungan data, misalnya media penyimpanan yang nyaris penuh atau juga bisa karena mulai banyaknya data belum terbackup, untuk menjaga resiko kehilangan akibat hal tertentu, maka diambil keputusan untuk penyegaran.

2. File sampah
Semakin lama web tidak membersihkan dirinya, setiap proses informasi pertukaran menyimpan log dan beberapa file sampah lain yang terus menumpuk, misalnya instalasi program tambahan. Yang pada akhirnya akan memenuhi space makin besar namun dalam kategori tidak diperlukan. 

Fungsi log umumnya dalam sebuah webserver untuk keperluan internal yang dapat diketahui pemilik dan pengurusnya. Beberapa infomasi log tersebut selalu ada disetiap cpanel, diantaranya menyampaikan pesan trobleshot dan kendala lainnya. 

Biasanya jika sudah diketahui kendalanya dari pesan yang disampaikan, log belum dihapus karena untuk menghemat waktu yang cukup lama untuk membersihkannya, hingga pada kapasitas 90 hingga 95 persen akan dibersihkan, jika masalah sudah diatasi.

3. Update versi
Update versi sistem operasional dapat menjadi penyebab sebuah webhosting melakukan perawatan dan perbaikan. Umumnya hal yang termasuk urgensi berhubungan dengan bug dan fitur keamanan.

4. Kegagalan fungsi hardware
Server yang terdiri dari banyak komponen hardware, dimungkinkan untuk mengalami kegagalan dan kerusakan untuk bekerja sesuai spesifikasinya, misalnya saja hardware sudah berumur sehingga tidak segesit pada saat pertama digunakan.

Perlu Pemberitahuan di Halaman Depan

Penulis sendiri sempat patah hati setelah kesulitan untuk login, meski sudah berumur hampir 50 tahun, ternyata patah hati masih bisa dialami orang tua juga, hahaha.

Beberapa dugaan yang mulanya sempat muncul jika akun dibanned atau kena suspend, dugaan lain memang kemungkinan server sedang maintenance. Jadi selama 3 hari saat muncul kerinduan untuk menulis di Kompasiana, penulis masih mencoba merayu dengan berusaha untuk login, terus demikian selama dalam proses maintenance.

Untuk membuktikan dugaan suspend atau banned, iseng saya melihat artikel terbaru, wah ada yang nulis dalam beberapa menit lalu, dugaan akhirnya condong kena banned nih. Masih penasaran, saya mencari informasi beberapa penulis yang dikenal aktif, lo ko mereka juga 3 hari ini tidak menulis. Hati rada tenang dikit, hahaha.

Sepertinya masih banyak yang diduga belum bisa login atau sedikit malas untuk login akibat baper, jika saya melihat History senior dan rekan yang terkenal aktif menulis disini, rata-rata mereka belum menulis dalam 3 hari terakhir. 

Dari beberapa akun yang telah bisa menulis lagi, sebagian besar menceritakan "horor" selama tidak bisa login. Rata rata mereka memang terkejut dengan tidak bisa login, sebab tidak mendapat pemberitahuan alias dadakan.

Saya sendiri masih warga baru yang sekitar satu bulan ikutan nulis, jadi masih belum tahu seperti apa suasana di Kompasiana, maklum sebagai warga baru lebih banyak membaca tulisan, komentar senior dan suhu yang malang melintang di Kompasiana.

Beberapa pendapat saya yang tidak begitu penting, mungkin perlu juga untuk memberitahukan pengumuman maintenance yang diletakkan di halaman depan selama suhu dan rekan belum bisa login, supaya mereka mendapatkan informasi tentang tidak bisa login bukan karena suspend atau banned.

Catatan Kaki :

  1. Saat ini saya masih tidak bisa login menggunakan G+,pada tampilan untuk login hanya memuat cara login biasa. Sebelumnya, selain cara login biasa, ada pilihan lain untuk login menggunakan Facebook atau G+.
  2. Cara saya bisa login, gunakan history login G+ yang sempat dicatat oleh komputer pribadi Anda, maka tampilan login menggunakan Facebook atau G+ dapat muncul. Jika mencoba login dengan cara biasa, maka layar akan menampilkan menu login biasa tanpa disertai pilihan login lain.