Mohon tunggu...
Ada Cara Sehat
Ada Cara Sehat Mohon Tunggu...

Manusia yg kepo sama kesehatan, gaya hidup dan otomotif. Doyan juga nulis politik dan ponsel.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Persiapan Awal Kelahiran Hingga Melahirkan yang Perlu Bunda Tahu

26 September 2018   15:20 Diperbarui: 26 September 2018   15:39 708 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Persiapan Awal Kelahiran Hingga Melahirkan yang Perlu Bunda Tahu
( Sumber :www.pexels.com)

Persalinan merupakan peristiwa yang dinanti banyak wanita dengan bercampur semangat dan sebagai sesuatu yang mungkin menegangkan bagi wanita hamil, khususnya untuk calon ibu hamil yang pertama kali menunggu buah hatinya dengan persalinan yang sudah dipilihnya.

Perasaan wanita yang pertama kali menyikapi kelahiran cenderung merasa gelisah, stres dan khawatir. Meski banyak teknik dalam dunia kedokteran saat ini yang dapat digunakan dalam melahirkan, contohnya melahirkan menggunakan cara caesar dan beberapa pilihan kelahiran lainnya.

Meskipun demikian, jika keadaan rahim ibu hamil dan kesehatan bayi tidak memiliki hambatan dan diperbolehkan oleh dokter, menggunakan pilihan melahirkan cara normal mungkin dapat menjadi pilihan Bunda. Konsultasikan keinginan Bunda dengan dokter yang menangani Anda jika di bolehkan melakukan persalinan seara normal. Seorang spesialis akan memberikan saran dan masukan yang perlu Anda pertimbangkan.

Manfaat Kelahiran Normal

Setiap pilihan tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti halnya ketika ibu hamil akan menggunakan jenis persalinan normal, beberapa manfaat fisik dan mental kepada ibu dan bayi, termasuk mengurangi bahaya cedera, trauma, dan komplikasi untuk kesehatan ibu dan bayi. Selain itu, beberapa kelebihan lain dari melahirkan normal adalah proses penyembuhan yang lebih cepat, biaya lebih murah dan Bunda akan mendapatkan moment penting saat menghadapi kelahiran buah hati, sedikit banyak kita akan teringat perjuangan orang tua kita juga.

Namun semua pilihan tersebut, hendaklah dilakukan dengan konsultasi dokter, karena tenaga ahli ini tentu mempunyai saran dan pertimbangan khusus dengan memperhatikan riwayat dan catatan kesehatan wanita hamil yang ditanganinya. Dokter profesional tidak akan mengijinkan, jika ada pertimbangan yang sekiranya akan kurang baik untuk bayi dan ibu hamil.

Persiapan Ibu Hamil Saat Memilih Kelahiran Normal

Beberapa wanita hamil mungkin sudah mantap untuk melakukan proses kelahiran normal, beberapa hal ini mungkin perlu dipersiapkan oleh Bunda untuk kelahiran normal tersebut, diantaranya:

1. Tempat Kelahiran

Rumah sakit, klinik bersalin dan tempat yang menjadi pilihan Bunda untuk melahirkan sangat perlu untuk di survey. Menemukan suatu tempat untuk melahirkan tidak harus dengan fasilitas yang mewah, yang akhirnya akan merepotkan. Setidaknya lokasi yang akan digunakan untuk tempat kelahiran merupakan lokasi yang mudah di akses, memiliki dokter jaga, tenaga ahli dan lokasi tersebut dekat dengan fasilitas rumah sakit yang lebih besar, untuk menjaga sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Ikuti kursus pra-kelahiran

Kerinduan untuk memiliki buah hati dengan memilih proses kelahiran normal, ibu hamil perlu untuk mempertimbangkan memilih lembaga pelatihan untuk memperlancar kehamilan. Anda dapat menemukan tempat untuk membantu calon wanita dalam proses persalinan dengan  dididik untuk melakukan metode pernapasan untuk mengurangi nyeri kontraksi.

3. Rajin Bertanya Ketika Melakukan Pemeriksaan Bayi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x