Mohon tunggu...
kendy setiawan
kendy setiawan Mohon Tunggu... Freelancer - MAHASISWA

UNIVERSITAS MERCUBUANA JAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Money

Pemasaran Melalui Sosial Media

8 Desember 2019   21:30 Diperbarui: 8 Desember 2019   21:33 901
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.



Bisnis apakah yang kalian sedang jalani sekarang?? Sudah tepatkah cara  memasarkan nya???

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki pengguna situs jejaring sosial terbanyak di dunia. Karena hal tersebut tidaklah heran bila jejaring sosial pada saat ini digunakan sebagai alternatif bagi setiap pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau memperkenalkan bisnisnya.

 Di era yang serba canggih ini berbagai bisnis yang dikembangkan bahkan bisnis semakin menjamur karena tersedianya teknologi pendukung. 

Salah satu pemanfaatan teknologi adalah sosial media marketing yang sedang trend pada saat ini. Alasan yang membuat tak sedikit orang yang lebih memanfaatkan sosial media adalah karena sangat mudah digunakan dan biaya yang murah menjadi alasan banyak pebisnis untuk mengelola bisnis melalui social media marketing

Penetrasi Pengguna Internet Indonesia (APJI, 2016)
Penetrasi Pengguna Internet Indonesia (APJI, 2016)


Statistik pengguna internet yang perlu diketahui pada tahun 2016 di Indonesia yaitu terdapat 132,7 juta pengguna internet dan setidaknya minimal sekali dalam satu bulan 79% di antaranya aktif disosial media. 

Berdasarkan fakta, pada satu bulan pertama, sudah banyak sosial media marketer yang menyerah dikarenakan mereka. Kebanyakan menyerah karena merasa tak ada umpan balik positif yang berdampak pada bisnis yang dijalankan. Jika ingin melakukan social media marketing, tentunya juga harus merencanakan strategi terlebih dahulu. Saat ini social media marketing efektif untuk membantu strategi pemasaran pada sebuah bisnis atau perusahaan

Strategi Pemasaran di Sosial Media Yang Benar Seperti apa sih?

Setiap sosial media memiliki karakteristik, setidaknya mewakili hal berikut; jenis audiens, ukuran, serta konten seperti apa yang efektif untuk direpresentasikan. Agar bisnis berjalan lancar di situs jejaring sosial melalui social media marketing seharusnya membangun strategi terlebih dahulu yang akan dilaksanakan saat berbisnis melalui social media marketing.

"Fokus Pada Satu Sosial Media"

Media sosial yang tersedia saat ini sudah cukup banyak. Namun untuk pemasaran, jangan pakai semua media sosial. Pilihlah satu media sosial yang tepat dan sesuai dengan target pasar . Karena, ada beberapa pertimbangan kenapa harus fokus disatu media sosial yaitu masalah sumber daya yang miliki sudah cukup dan paham untuk menjalankan pemasaran media sosial.

"Membangun Kredibilitas"

Jika telah menentukan satu media sosial yang menurut efektif sebagai tempat pemasaran produk. Saatnya membangun kredibilitas produk. Tahap awal yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba membangun brand awareness. Tahap ini, harus menjelaskan identitas produk yang jual tersebut. Baik dari segi produk, kegunaan produk, serta produk tawarkan untuk siapa.

"Fokus Pada Target"

Kesalahan yang paling sering terjadi pada pengusaha yang baru menjalankan strategi sosial media marketing adalah mengincar seluruh orang. Inilah kesalahan terbesar, bisa memilih orang-orang yang memang menjadi fokus. Tak perlu mengincar orang yang tidak tertarik dengan produk, karena hal tersebut hanya akan membuat membuang-buang tenaga saja. Fokuslah pada konsumen yang ingin incar.

"Mebangun Relasi di Sosial Media"

Dalam dunia sosial media, membangun koneksi sangatlah penting !! Tidak dapat dibantah lagi jika aktif dalam memanfaatkan jejaring sosial maka nanti pasti bisa berkomunikasi dengan banyak orang baik yang berasal dari mancanegara bahkan internasional. Dalam memaksimalkan bisnis agar dapat berkembang di media sosial maka tambah dan perluaslah relasi. Dengan begitu, kemungkinan besar dapat bertemu dengan calon investor yang tertarik dengan bisnis.

"Memperhitungkan Waktu dan Uang"

Sebagai pemilik bisnis, tahu waktu adalah uang. Apabila berencana menggunakan strategi di social media marketing untuk menjalankan bisnis dalam cara yang paling efisien, selalu FOKUS dalam mengelola bisnis merupakan salah satu hal terpenting

Manfaatkan Media Sosial sebagai Media untuk Promosi Bisnis ANDA!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun