Mohon tunggu...
Eisher Laipiopa
Eisher Laipiopa Mohon Tunggu... Blogger

Yakin dan percaya...

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Rumah Melayu Atap Limas Terdiri dari Berapa Bumbungan?

22 Agustus 2020   13:13 Diperbarui: 25 Oktober 2020   18:00 4049 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rumah Melayu Atap Limas Terdiri dari Berapa Bumbungan?
sumber riauberbagi.blogspot.com

Rumah Melayu Atap Limas Terdiri Dari Berapa Bumbungan, jenis rumah adat melayu Riau ada beberapa jenis. Karakteristik yang cukup kuat di munculkan adalah pada atap bangunanya. Rumah adat Riau adalah kekayaan budaya masyarakat Riau. Dan tentu saja menjadi kebanggan juga bagi negara Indonesia. Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengetahui rumah melayu saja. Kurang mengetahui bahwa rumah adat di Riau merupakan salah satu rumah melayu yang di miliki oleh bangsa indonesia.

Salah satu aspek yang paling menonjol pada rumah melayu Riau adalah bentuk atapnya. Apa saja aspek yang menonjol pada atap rumah melayu Riau? yaitu Bentuk, ornamen dan warna dari atap rumah melayu. Baiklah mari kita simak di bawah ini bentuk bentuk pada atap rumah melayu Riau. Yang rata rata menggunakan atap limas kayu.

Bentuk Atap Rumah Melayu Riau

1. Rumah Atap Selaso Jatuh Kembar

Rumah atap selaso jatuh kembar adalah rumah adat melayu Riau yang terdiri dari silangan di perabung atau ujung atap dan kaki atap. Kedua bagian ini melengkung ke atas.

Ornamen penghiasnya adalah Pada Atap Selaso Jatuh Kembar memiliki oranamen beragam motif ukiran seperti binatang dan tumbuh tumbuhan.

2. Rumah Melayu Atap Limas Potong

Rumah dengan atap limas potong berbentuk rumah panggung. Yang memanjang ke arah belakang, layaknya rumah rumah tradisional di Sumatra pada umumnya. Rumah dengan dinding papan vertikal dan atap nya terbuat dari seng berwarna merah. Ada pula yang bertanya rumah melayu atap limas terdiri dari berapa bumbungan? Jawabanya adalah lima bumbungan.

Oranamen penghiasnya adalah ornamen yang menjadi penghias atap limas potong tergantung dari besar kecilnya rumah yang di bangun. Yang tentu saja berhubungan dengan kemampuan dari pemiliknya. Semakin kaya orang yang membangunnya maka semakin besar rumah dan semakin banyak ornamen yang di buat. Salah satu ornamennya adalah ornamen yang berada di dinding yang berbentuk flora yang di fungsikan sebagai lubang angin.

3. Rumah Atap Lipat Kajang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x