Mohon tunggu...
F. I. Agung Prasetyo
F. I. Agung Prasetyo Mohon Tunggu... Desainer Grafis dan Ilustrator

Cowok Deskomviser yang akan menggunakan Kompasiana untuk nulis dan ngedumel...

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Garansi Abal-abal dari Toko "Official"?

30 Maret 2020   12:34 Diperbarui: 9 April 2020   16:18 50 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Garansi Abal-abal dari Toko "Official"?
Ilustrasi mouse komputer. Sumber: Pixabay/OpenClipart-Vectors

Beberapa waktu lalu saya mengganti mouse lama saya yang mempunyai gejala aneh: sulit mengklik kiri setelah beberapa waktu tidak digunakan. Dan selama beberapa bulan berikutnya, akhirnya klik kiri mouse saya ini benar-benar tidak bisa digunakan. Saya maklum saja karena sudah enam tahun lebih digunakan sejak pertama mouse tersebut pertama dibeli.

Sebagai catatan, saya mencoba bereksperimen dengan beberapa hal saat membeli beberapa barang via daring; bukan melulu karena murah. Tapi mencoba berbagai kemungkinan yang belum pernah saya alami. Misalnya mencoba kurir yang berbeda dari biasanya.

Jadi kali itu saya mencoba membeli mouse dengan harga ekstrim hanya karena ingin melihat sejauh mana ketahanannya. Apalagi ditambah dengan embel-embel 'official store' (di marketplace Tokopedia), siapa sih yang tidak penasaran mampir? Karena bulan sebelumnya pun saya membeli tinta original untuk printer saya di situs resmi meskipun ada banyak penjual yang memajang harga lebih murah di marketplace: disebabkan ingin mencoba pengalamannya. Di situs resmi tersebut saya malah ditawari pembuatan faktur pajak jika saya me-reply email produsen tersebut tidak lebih dari seminggu, hal yang pastinya tidak ada saat pembelian di toko marketplace.

Singkatnya, saya membeli dua buah: satu untuk digunakan, satu untuk disimpan. Pemikirannya adalah bila suatu saat mouse saya bermasalah, saya tidak kelabakan karena terhentinya pekerjaan disebabkan kebutuhan peripheral penting.

Kebetulan saat itu official store tersebut memajang penawaran lain: 3 month replacement guarantee atau 3 bulan ganti baru saat ada masalah dengan produk. Menggiurkan? Mungkin iya, terlepas dari kemungkinan barang tersebut akan rusak pada bulan ke-4 dimana penggantiannya tidak dijamin lagi sesuai banner yang dipajang. Ada yang bilang, ada harga ada rupa; jadi bila hanya bertahan minimal empat bulan pun sepertinya masih bisa dianggap wajar: toh namanya juga barang murah. Lagian untuk hal mendesak yang genting, usia empat bulan itu tergolong lama dan lebih dari cukup (untuk beberapa kasus). Meski harapannya, barang yang dibeli bisa bertahan hingga tahunan.

Ini dia bannernya. Sumber: screenshot
Ini dia bannernya. Sumber: screenshot

 Tapi, pemikiran tinggal pemikiran dimana penjualnya ingkar dengan gimmick pada banner yang dibuatnya sendiri. Karena itulah tulisan ini ditayangkan demi kerugian yang saya alami tidak meluas dan dialami oleh orang lain minimal pembaca tulisan saya.

Saat itu saya tidak langsung mengabarkan dan menanyakan status/kondisi mouse komputer saya pada penjualnya, karena rupanya komputer saya sedang 'tidak fit': secara tampilan bermasalah dan pas dicari sumbernya ternyata ada pada VGA Card, dan perlu diganti. Sayangnya belum ada uang juga saat itu sehingga saya memilih menancapkan slot pada VGA onboard pada motherboard saya.

Saya hanya menyelesaikan pesanan karena barangnya sudah saya terima dan akan saya pastikan berfungsi setelah saya mereset (menginstal OS Windows10) yang baru saya unduh dari warnet terdekat---karena kuota saya bisa jebol hanya untuk mengunduh 4GB+ sedangkan saya masih ada keperluan lain. Setelah hampir seharian (jam kerja) mereset komputer dan menginstal berbagai software yang saya butuhkan dan memastikan tanpa masalah, saya baru menjajal mouse lain yang belum terpakai---ingat saya beli dua buah---setelah saya menggunakan satu mouse "baru beli" tadi tanpa masalah.

Dan, baru sekali itu saya menemukan ada keanehan pada mouse yang baru dibeli tadi yang baru sekali ini saya temukan sepanjang pengalaman pribadi menggunakan komputer. Apa masalahnya? Saat pertama kali ditancapkan kondisinya normal. Namun setelah satu-dua menit penggunaan, tombol klik kirinya menjadi malfungsi. Aneh? Menurut saya aneh, karena selama ini tak pernah menemukan hal yang seperti ini.

Tapi si penjual mengelak soal komplain saya via chat. Karena merasa produknya 'baik-baik saja' dan menyuruh saya mengajukan komplain.  Tombol komplain pada Tokopedia pun tidak berfungsi disebabkan "pesanan telah dianggap selesai". Lha bagaimana dengan klaim tiga bulan penggantian? Ini gimmick tampaknya abal-abal juga karena mouse saya yang malah belum sehari pemakaian bermasalah pun tak digubris. Saya benar-benar dongkol, jadi saya memberi 'bintang-2' dengan label buruk pada ulasan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x