Mohon tunggu...
TIM UNNES GIAT 3 Desa Pasekan
TIM UNNES GIAT 3 Desa Pasekan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNNES

Konten ini berisikan kegiatan program kerja selama melaksanakan UNNES GIAT 3 di Desa Pasekan, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Sosialisasi Penggunaan Media Sosial yang Bijak dan Bertanggung Jawab bagi Anak-anak di Sekolah Dasar se-Desa Pasekan

4 Desember 2022   01:39 Diperbarui: 4 Desember 2022   01:59 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Potret Kegiatan Sosialisasi di SD 1 Pasekan (dok pribadi)

UNNES GIAT merupakan program yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata, LPPM UNNES. UNNES GIAT merupakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang ada di Universitas Negeri Semarang. Pada pelaksanaannya UNNES GIAT kini tengah melaksanakan kegiatannya pada Angkatan ke-3. 

Salah satu lokasi UNNES GIAT 3 berada di Desa Pasekan, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang. Salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Tim UNNES GIAT 3 Desa Pasekan adalah "Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Yang Bijak dan Bertanggung Jawab di Sekolah Dasar (SD) Se-Desa Pasekan". Program kerja ini diselenggarakan guna mewujudkan SDG's Desa No 4 yakni Pendidikan Desa Berkualitas.

Media sosial atau sering juga disebut sebagai sosial media adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video, dan merupakan platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. 

Seiring berkembangnya zaman media sosial kini dikenal oleh semua kalangan umur, mulai dari anak-anak hingga para orang dewasa. Tak sekedar mengenal media sosial, namun juga menggunakannya untuk berinteraksi dengan semua orang yang ada di dunia maya. Dalam penggunaannya tentunya menggunakan media sosial haruslah bijak dan bertanggung jawab agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya ataupun orang lain.

Salah satu pengguna media sosial diantaranya adalah anak-anak yang mungkin secara umum masih belum mengenal etika dalam bermedia sosial. Oleh karenanya Tim UNNES GIAT 3 Desa Pasekan menyelenggarakan sosialisasi terkait penggunaan media sosial kepada peserta didik di Sekolah Dasar (SD) Se-Desa Pasekan yang mayoritas masih termasuk kedalam usia anak-anak agar mengenal media sosial dan paham bagaimana cara menggunakan media sosial dengan penuh tanggung jawab.

Potret Kegiatan Sosialisasi di SD 3 Pasekan 
Potret Kegiatan Sosialisasi di SD 3 Pasekan 

Sosialisasi dilakukan di 3 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Pasekan. Kegiatan sosialisasi di SD 1 Pasekan diselenggarakan pada 14-15 November 2022. Kegiatan sosialisasi di SD 2 Pasekan diselenggarakan pada 7 November 2022. Sementara itu kegiatan sosialisasi di SD 3 Pasekan diselenggarakan pada 10 November 2022.

Materi sosialisasi disampaikan oleh salah satu Tim UNNES GIAT 3 Desa Pasekan yang berasal dari Jurusan Hukum. Diawali dengan penyampaian materi yang mudah dicerna oleh peserta didik dan dilanjutkan dengan menonton video animasi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Tak sampai disitu, sebagai bentuk hiburan Tim UNNES GIAT 3 Desa Pasekan juga menyisipkan kegiatan menghias kue bersama dengan tema "Negara Perancis" agar kegiatan terasa menyenangkan dan tidak membosankan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman terhadap anak-anak di Desa Pasekan tentang bagaimana cara bermedia sosial yang baik dan penuh tanggung jawab. Dengan terwujudnya pemahaman akan media sosial tentunya akan membentuk anak-anak yang melek akan teknologi dan akan menciptakan desa dengan pendidikan yang berkualitas.

"UNNES GIAT 3, Membangun Indonesia Dari Desa"

Penulis : Tim UNNES GIAT 3 Desa Pasekan

DPL : Drs. Sugiyarta Stanislaus, M.Psi.

Lokasi : Desa Pasekan, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun