Mohon tunggu...
Kemal Oktori
Kemal Oktori Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

berakit rakit kehulu berenang renang ketepian bersakit bersakit dahulu bersenang senang kemudian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kuliah Online Bikin Tambah Pusing dan Beban? Apa Iya?

9 Juni 2021   20:55 Diperbarui: 9 Juni 2021   21:14 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tangerang- Akhir-akhir ini kuliah online sangat menjadi penguras energi untuk mahasiswa akhir, karna banyak yang merasa kuliah online atau daring tidak lah efektif, dan membebankan mahasiswa khususnya semester akhir yang nyambi bekerja. membebankannya karna setiap matakuliah yang ditempu memiliki tugas setiap pertemuannya. Kuliah online ini jauh dari kata mudah dan hanya membebankan para mahasiswa yang dianggap tidak efektif karna para dosen pengampu lebih banyak yang hanya memberi materi hanya dengan power point dan tidak ada penjelasan lebih.

dari hasil wawancara yang saya dapat dari salah satu mahasiswa kampus ditangerang "kalo menurut saya kurang efektif mas, karena hanya berupa teori" imbuh raja salah satu mahasiswa kampus yang ada ditangerang. 

saya pribadi juga memiliki pandangan yang hampir sama dengan salah satu narasumber, tetapi  menurut saya ada sisi negatif dan positif dari kuliah online ini. sisi negatifnya adalah dimana proses komunikasi tidak berjalan dengan baik karna hanya dengan satu arah dan banyak yang hanya memberi teori tanpa ada penjelasan yang lebih. sisi positifnya dari kuliah onlne ini adalah lebih menghemat waktu saja 

bagi saya kuliah online ini menambah biaya kuoata internet, walaupun pemerintah sudah menyediakan kuota internet secara geratis. tetapi tidak semua mahasiswa mendapatkannya. namun kampus saya sedang mengusahakan kuliah tatap muka melalu survei yang diberikan kepada masiswa. saya sendiri mendukung penuh langkah yang dilakukan kampus saya untuk melakukan kuliah tatap muka. ini adalah salah satu langkah yang baik karena kuliah tatap muka demi kepentingan mahsiswa itu sendiri. 

saya berharap pandemi ini cepat berakhir agar kuliah online ini segera ditiadakan karna sangat mempengaruhi pemikiran mahasiwa itu sendiri. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun